4 Organ Tubuh yang Bisa Terserang Hipertensi

4 Organ Tubuh yang Bisa Terserang Hipertensi,- Penyakit hipertensi atau tekanan darah tinggi merupakan penyakit yang banyak ditakuti sebagian besar wanita menjelang masa menopause. Hal ini disebabkan pada fase pra menopause banyak terjadi perubahan besar dalam sistem metabolisme tubuh. Salah satunya, kinerja hormon yang sudah mulai melemah.

Menurut dr Rossana Barack, Sp.JP., hormon yang tidak seimbang itulah yang akan memicu naiknya tekanan darah pada wanita. Dan jika kondisi tekanan darah tidang terkontrol, maka wanita berisiko menderita gangguan pada organ-organ penting di tubuhnya.

Nah, berikut ini 4 organ tubuh yang bisa terserang hipertensi yang perlu diketahui :

  • Jantung

Jantung merupakan salah satu organ yang paling vital. Jantung memiliki tugas untuk memompa darah ke seluruh tubuh. Bayangkan apa yang akan terjadi jika tekanan darah sangat tinggi ? Tentunya hal ini akan menyebabakn kinerja jantung semakin berat. Otot jantung pun menjadi lebih kuat.

Jika hal tersebut terus terjadi tanpa ada intervensi medis, maka sangat berpeluang mengalami serangan jantung yang berujung kematian atau gagal jantung.

  • Ginjal

Organ tubuh selanjutnya yang menjadi sasaran hipertensi adalah ginjal. Keduanya memiliki hubungan yang sangat erat. Seperti diketahui, organ ginjal berfungsi menyaring darah untuk tubuh. Jika tekanan darah meningkat, maka dapat mengakibatkan pembuluh darah pada ginjal terganggu. Pembuluh darah bisa menyempit dan mengeras. Kondisi ini tentunya mengganggu kinerja ginjal dan menyebabkan gagal ginjal.

  • Otak

Hipertensi dapat berakibat fatal karena dapat merusak pembuluh darah pusat di otak, yaitu stroke. Stroke menyebabkan gangguan sistem saraf motorik dan sensorik yang menyebabkan seseorang kehilangan kesadarannya.

Menurut Rossana, ketika tekanan darah yang dipompa jantung tinggi, tentu saja dorongan akan semakin kuat. Sementara otak merupakan organ yang mendapat suplai darah terbesar daripada organ lainnya melalui banyak pembuluh darah. Sehingga otak akan menerima efek negatif.

  • Mata

Selain ketiga organ tersebut, hipertensi juga bisa menyerang organ-organ dan pembuluh darah lain, misalnya pembuluh darah di mata. Pada penderita hipertensi, kondisi tersebut juga dapat mengganggu penglihatan mereka sehingga sering mengelih pandangan mereka kabur.

Baca Juga :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *