Apa Benar Timun Bisa Bantu Turunkan Tekanan Darah Tinggi ?

Apa Benar Timun Bisa Bantu Turunkan Tekanan Darah Tinggi ?,- Penyakit tekanan darah tinggi atau hipertensi merupakan salah satu masalah kesehatan yang banyak diderita oleh masyarakat tanah air. Data Riset Kesehatan Dasar pada tahun 2007 silam menunjukkan fakta mengerkan dimana penderita tekanan darah tinggi di Indonesia ternyata mencapai 31,7% populasi.

Sayangnya, dari banyaknya penderita hipertensi di Indonesia, hanya sekitar 7,2% saja yang sadar jika dirinya memiliki masalah kesehatan tersebut dan hanya 0,4% yang minum obat hipertensi untuk mengatasinya. Padahal, hipertensi bisa memicu timbulnya penyakit lain yang berbahaya, seperti penyakit jantung atau stroke.

Cukup banyak mitos yang berkembang di masyarakat tentang masalah kesehatan ini. Sebagai contoh, terdapat sebuah anggapan yang menunjukkan bahwa bahan alami layaknya timun mampu menurunkan tekanan darah tinggi dengan cepat dan efektif. Apakah hal tersebut memang benar adanya ?

Pakar kesehatan dr. Prasna Pramita, SpPD yang berasal dari RS Mayapada di Lebak Bulus, Jakarta, menyebutkan bahwa balami alami tersebut memang bisa menurunkan tekanan darah tinggi. Sayangnya, hingga saat ini belum ada bukti ilmiah yang membuktikan kebenaran tentang hal tersebut. Meskipun dianggap bisa membantu mengatasi masalah kesehatan ini, kita belum benar-benar tahu seberapa banyak timun yang harus dikonsumsi untuk bisa menurunkan tekanan darah tinggi.

Artikel terkait : Pengobatan Hipertensi dengan Mentimun

Pakar kesehatan menyebutkan bahwa tidak ada satu makanan tunggal pun yang bisa menurunkan tekanan darah. Hanya saja, jika kita menambahkan timun setiap kali makan, kita memang bisa mencegah lonjakan tekanan darah. Hal ini disebabkan oleh nutrisi di dalam timun yang memungkan hal tersebut seperti kandungan sodium yang sangat rendah, yaitu hanya 6 mg, serta jumlah kalium yang sangat tinggi, yakni 442 miligram. Padahal, kalium memang mampu melebarkan pembuluh darah sehingga dapat menurunkan tekanan darah.

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan di University of Michigan, disebutkan bahwa timun yang dikonsumsi dengan kulitnya hanya memiliki 45 kalori. Sementara itu, 95% berat timun ternyata berasal dari kandungan air yang bebas kalori dan mampu menekan nafsu makan secara alami.

Alih-alih hanya mengandalkan timun, pakar kesehatan menyarankan penderita tekanan darah tinggi untuk menjaga berat badan ideal demi mencegah datangnya penyakit berbahaya. Selain itu, sebaiknya penderita hipertensi juga mengonsumsi obat penurun darah tinggi secara rutin untuk menjaga tekanan darahnya tetap dalam kondisi stabil.

Selain itu, penderita hipertensi juga sebaiknya selalu menerapkan gaya hidup sehat, khususnya dalam mengatur pola makan, kebiasaan berolahraga secara rutin, membatasi asupan garam harian hanya 1 sendok teh setiap hari, mengendalikan stres, hingga mendapatkan waktu istirahat yang cukup. Dengan melakukannya, makanan tekanan darah akan lebih bisa dikendalikan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *