Batasi Asupan Makanan Ini Jika Mengalami Hipertensi

Batasi Asupan Makanan Ini Jika Mengalami Hipertensi,- Selain mengonsumsi obat hipertensi secara rutin, penderita hipertensi atau tekanan darah tinggi juga perlu mengatur pola makan sehat untuk menjaga dan mengontrol tekanan darah agar tetap normal. Maka dari itu, penderita hipertensi tidak boleh sembarangan dalam memilih makanan yang akan dikonsumsi. Makanan tinggi garam bisa meningkatkan tekanan darah. Akibatnya, Anda bisa menderita pusing.

Selain itu, penderita hipertensi yang memiliki tekanan darah hingga 140/90 mmHg atau lebih memang perlu menjaga asupan makan untuk mencegah terjadinya risiko terkena penyakit jantung, stroke, dan ginjal.

Dan berikut ini 4 asupan makanan yang sebaiknya dibatasi jumlah konsumsinya bagi penderita hipertensi :

  • Sup ayam

Kita biasanya berpikir bahwa sup ayam itu sehat. Tetapi, jika diberi gram berlebih, maka bisa menjadi tidak baik bagi tubuh. Sebaiknya batasi garam yang dimasukkan ke dalam sup ayam. Kemudian, perbanmual sayruan, kacang-kacangan agar bermanfaat bagi tubuh.

  • Daging olahan

Daging yang terdapat pada hot dog atau daging olahan lainnya mengandung ratusan miliar garam dalam setiap sajiannya. Sedangakn banyak orang berpikir daging tersebut rendah lemak dan tidak buruk. Namun, tingginya kandungan garam bisa memicu kenaikan tekanan darah. Daripada mengonsumsi daging olaghan, alangkah baiknya jika mengonsumsi satu potong daging dada ayam yang dipanggang dengan asupan garam terbatas.

  • Sup salad

Memang tidak ada yang salah dengan isi salad yang Anda konsumsi. Namun, ketika menguangkan saus salad, terdapat kandungan garam tersembunyi yang ada didalamnya. Bagi penderita hipertensi, alangkah baiknyya jika tidak menggunakan saus salad seperti ini. Sebagai penggantinya, Anda bisa menggunakan minyak zaitun yang lebih sehat.

  • Pizza

Pizza memang memiliki rasa yang cukup nikmat. Namun, Anda juga pasti mengetahui bahwa pizza merupakan salah satu jenis makanan yang dapat berpengaruh pada lingkar pinggang Anda. Pizza dengan taburan daging asap dan keju cenderung kaya akan kandungan garam. Satu potong pizza bisa mengandung sekitar 700 mg garam. Bayangakn betapa banyaknya asupan garam jika kita mengonsumsinya 3 potong.

Artikel Terkait :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *