Cara Mencegah Penyakit Hipertensi

hipertensi-1Obat Hipertensni.info,- Penyakit tekanan darah  tinggi (Hipertensi) merupakan suatu penyakti  yang umum dikalangan masyarakat, khususnya  masyarakat di perkotaan. Tekanan darah tinggi  atau hipertensi yaitu suatu penyakit dimana  tekanan pada pembuluh darah mengalami  penaikan dalam periode waktu yang cukup  lama. Kenaikan tekanan darah tersebut dapat  diakibatkan oleh penyempitan pembuluh  sehingga menimbulkan timbunanlemak dan  zat-zat lain. Hipertensi menjadi salah satu faktor  penyebab dari penyakit stroke, serangan  jantung, dan gagal ghinjal. Bahkan dapat  mengakibatkan kematian. Oleh sebab itu, sebisa  mungkin penyakit hipertensi harus dicegah.

Terdapat beberapa hal yang dapat menyebabkan  hipertensi. Diantaranya ada faktor yang tidak  dapat dikendalikan, serta faktor yang dapat  dikendalikan. Faktor yang tidak dapat  dikendalikan seperti keturunan (genetik), ras  dan usia. Sedangkan faktor yang dapat  dikendalikan meliputi konsumsi garam yang  berlebih, konsumsi alkohol, obesitas  (kegemukan), rokok, stress, kurangnya aktivitas,  dan sebagainya. (Baca: Faktor Resiko Penyebab  Penyakit Hipertensi)

Cara Mencegah Penyakit Hipertensi

Cukup banyak orang yang tidak menyadari  bahwa mereka mengalami hipertensi. Maka dari  itu, kita harus pintar dalam mengatur pola  hidup agar penyakit hipertensi dapat dicegah.  Berikut beberapa cara yang dapat Anda lakukan  untuk mencegah serangan penyakit hipertensi :

  • Kurangi asupan garam didalam makanan.  Apabila Anda sudah mengidap hipertensi, ada  baiknya Anda menghindari makanan yang  mengandung garam.
  • Konsumsi makanan yang mengandung kalium,  magnesium, dan kalsium. Karena semua  kandungan tersebut dapat membantu  menurunkan tekanan darah tinggi Anda.
  • Kurangi mengonsumsi alkohol. Jika Anda  menderita hipertensi, sebaiknya hindari  konsumsi alkohol secara berlebihan. Untuk pria  yang menderita hipertensi, jumlah alkohol yang  diperbolehkan untuk dikonsumsi maksimal 30  ml per hari. Sedangkan untuk wanita sebanyak  15 ml per hari.
  • Melakukan olahraga secara teratur dapat  membantu menurunkan tekanan darah tinggi.  Bagi penderita hipertensi dapat memilih  olahraga yang ringan, seperti berjalan kaki,  bersepeda, lari santai, dan berenang. Lakukan  30 hingga 45 menit per hari sebanyak 3 kali  dalam seminggu.
  • mengatasi-darah-tinggiPerbanyak makan sayur serta buah yang  mengandung serat tinggi, seperti sayuran  hijau, tomat, wortel, melon, dan jeruk.
  • Kurangi stress. Anda dapat menjalankan terapi  anti stress untuk mengurangi stress dan  mengendalikan emosi Anda.
  • Bagi perokok, menghentikan merokok berperan  untuk mengurangi tekanan darah tinggi.
  • Kendalikan kadar kolesterol.
  • Kendalikan diabetes.
  • Hindari mengonsumsi obat-obatan yang dapat  meningkatkan tekanan darah tinggi Anda.  Konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter,  dan mintalah resep obat yang tidak dapat  meningkatkan tekanan darah.

Itulah beberapa cara yang dapat Anda lakukan  untuk mengatasi penyakti hipertensi. Dengan  perubahan pola hidup yang efektif Anda dapat  mencegah serta mengendalikan bahkan juga  dapat menurunkan tekanan darah tinggi.  Penyakit hipertensi bukanlah penyakit yang  tidak dapat disembuhkan. Maka dari itu,  lakukanlah pola hidup sehat mulai dari  sekarang. Karena dengan pola hidup yang sehat,  semua jenis penyakit dapat dicegah dan diatasi.

Sekian artikel tentang cara mencegah penyakit  hipertensi ini saya buat. Semoga dapat  bermanfaat dan membantu kita dalam  menjalani hidup yang lebih sehat.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *