Cara Non Medis yang Bisa Bantu Turunkan Hipertensi

Obat Hipertensi,- Seperti yang telah diketahui sebelumnya, hipertensi atau dikenal juga dengan tekanan darah tinggi merupakan salah satu gangguan kesehatan yang cukup banyak diderita oleh masyarakat, salah satunya di Indonesia. Hipertensi adalah kondisi medis kronis dengan tekanan darah di arteri meningkat. Peningkatan ini menyebabkan jantung harus bekerja lebih keras dari biasanya untuk mengedarkan darah melalui pembuluh darah.

Obat hipertensi atau pengobatan tradisional mungkin sudah akrab dengan para penderita hipertensi untuk membantu menurunkan dan mengontrol tekanan darah agar tetap normal. Namun, selain itu, terdapat pula cara non medis yang bisa bantu turunkan hipertensi secara efektif, diantaranya adalah :

  • Mengurangi garam

Centers for Disease Control and Prevention menyarankan untuk melakukan diet sehat, karena ini dapat membantu untuk mengontrol tekanan darah. Dengan mengurangi natrium dalam diet Anda, maka akan membantu mengontrol tekanan darah tinggi dalam tubuh. Mayo Clinic mencatata bahwa dengan menambahkan lebih banyak kalium dapat membantu mengruangi masalah tekanan darah tinggi.

  • Perhatikan berat badan

Mengurangi beberapa kilo dan berolahraga secara teratur dapat memberikan suatu manfaat dalam menurunkan tekanan darah. The Mayo Clinic mencatat bahwa tekanan darah tinggi dapat meningkat ketika berat badan juga meningkat, sehingga dengan hanya mengurangi 10 pon atau setara dengan 4.5 kg saja dapat membantu menurunkan tekanan darah.

  • Kurangi kafein

Hal ini mungkin menjadi hal yang cukup sulit bagi pada penikmat kafein, namun dengan mengurangi minum kopi dapat membantu menurunkan teknanan darah karena obat-obatan cenderung meningkatkan efek stress pada tubuh. Teh Mayo Clinic mencatat bahwa penelitian ini tidak definitif, kafein mungkin memiliki sebuah efek drastis pada tekanan darah seseorang yang tidak sering meminum kopi, namun hal ini merupakan salah satu pencegahan terhadap sesuatu yang tidak diinginkan di kemudian hari. Organisasi ini juga merekomendasikan pengujian tekanan darah Anda dalam waktu 30 menit setelah meminum kafein untuk memastikan hal ini benar atau tidak.

  • Tidur

Tidur sangat penting dan dapat membantu memulihkan kembali energi tubuh yang telah digunakan untuk beraktivitas selama seharian. Mereka yang hanya memiliki waktu tidur selama 5 jam atau kurang setiap hari cenderung mengalami tekanan darah tinggi atau memiliki tekanan darah tinggi yang lebih buruk. Seiring waktu, sedikitnya waktu tidur dapat mengganggu kemampuan seseorang mengatur hormon stress yangmenyebabkan tekanan darah tinggi.

  • Jangan stress

Berbicara mengenai stress, cobalan untuk mengontrolnya. Stress dapat mendorong seseorang untuk merokok, mengonsumsi minuman beralkohol atau terlihat dalam kegiatan yang tidak sehat lainnya. Dari banyak jenis stress, sebagian besar masyarakat yang mengalaminya dapat mengencangkan pembuluh darah dan meningkatkan tekanan darah.

Namun, terdapat cara untuk mengurangi stree yang bisa dilakukan, seperti meminum teh herbal, berolahraga, mendengarkan musik dan meninggalkan sejenak pekerjaan Anda. The Mayo Clinic menambahkan bahwa dengan mengambil 15 hingga 20 menit setiap hari untuk duduk dengan tenang dan bernapas dalam-dalam bisa membantu Anda mengurangi stress.

  • Meditasi

Meditasi merupakan cara lain yang bisa dilakukan untuk menghilangkan stres dan menurunkan risiko penyakit kardiovaskular, seperti yang disebutkan oleh American Heart Association. “Meditasi adalah sebuah latihan, sering melibatkan penarikan napas dalam-dalam, merenung atau berfokus pada sesuatu yang lunak, seperti warna, frase atau suara. Hal tersebut membantu Anda untuk melepaskan stress anda dan membuat Anda merasa damai serta membuat pikiran Anda rileks.”

Beberapa penelitian telah membuktikan bahwa meditasi dapat mengurangi risiko serangan jantung atau stroke hingga hampir 50% pada seseorang yang memiliki penyakit jantung. Hal ini juga dapat membantu seseorang untuk bisa mendapatkan kualitas tidur yang lebih baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *