Dampak Minum Air Putih Berlebih Picu Tekanan Darah Tinggi

www.obathipertensi.info,- Sebagian besar tubuh manusia terdiri dari cairan yang berfungsi untuk membantu kinerja sel, organ, ataupun jaringan tubuh agar tetap optimal. Maka dari itu, minum air putih yang cukup setiap hari memang sangat disarankan, agar nantinya kesehatan dan vitalitas tubuh selalu terjaga.

Namun, minum air putih secara berlebihan juga tidak baik bagi kesehatan tubuh. Salah satu dampak minum air putih berlebih yaitu bisa memicu tekanan darah tinggi. Hal tersebut terjadi karena tubuh mengalami retensi yang nantinya bisa berisiko besar pada kesehatan.

Dr Parmeshwar Arora, Konsultan dari Rumah Sakit Sir Gangaram, menjelaskan bahwa ketika tubuh menerima kelebihan air tubuh akan mengalami retensi. Bahayanya tidak hanya dapat mengganggu metabolisme, tetapi juga bisa meningkatkan volume darah.

Ada beberapa anjuran yang tepat untuk minum air untuk mencegah retensi, diantaranya :

  • Minum 1 gelas (250 ml) air hangat di pagi hari pada saat perut dalam kondisi kosong.
  • Anda tidak harus minum air segera setelah makan. Karenanya dapat berisiko memicu kegemukan.
  • Sebaliknya, minumlah 1 cangkir (150 ml) air setelah makan berat.
  • Diantara makan siang dan tidur, Anda dapat meneguk 1 hingga 2 gelas air per jamnya.
  • Cara yang tepat untuk minum air yaitu kumur-kumurlah selama 5 hingga 10 menit, kemudian teguklah.
  • Minumlah air matang setiap hari. Air ini harus dikonsumsi dalam waktu 12 jam setelah mendidih.
  • Minumlah air yang cukup setidaknya 8 helas perhari. Pilihlah air hangat dibandingkan dengan air dingin, karena lebih aman untuk perut.

Ketika ingin mendapatkan kebaikan dari air putih, membuat sebagian besar dari masyarakat menjadi berfikir salah mengenai cara mengonsumsi cairan tersebut. Banyak dari mereka yang minum air putih dalam jumlah banyak seklaigus. Padahal, hal tersebut justru sangat tidak dianjurkan karena aakn berdampak buruk bagi tubuh.

Para ahli kesehatan sangat menyarankan agar mengonsumsi air putih secara wajar dan cukup sesuai dengan jumlah yang diperlukan tubuh, serta lakukan secara bertahap. Sebaiknya kondumsi air putih pada saat haus, karena pada saat itu kita bisa mengukur seberapa besar kebutuhan air yang diperlukan tubuh.

Selain itu, perhatikan pula warna urin. Jika urine berwarna bening atau kuning cerah dan banyak, itu bisa menandakan bahwa tubuh memiliki jumlah cairan yang cukup. Jika warna urin lebih gelap dan jumlah sedikit, maka itu bisa menjadi pertanda bahwa tubuh sedang membutuhkan tanbahan asupan cairan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *