Hipertensi Tak Terkontol Sebabkan Pikun di Usia Senja

www.obathipertensi.info,- Menjaga kesehatan sejak usia muda sangat penting agar bisa tetap menikmati hidup hingga usia senja nanti tanpa menjadi beban bagi orang lain. Salah satu hal dari kesehatan yng harus di jaga adalah tekanan darah. Hal ini disebabkan karena jika tekanan darah sering dibiarkan tinggi, maka bisa berisiko menimbulkan beragam penyakit.

Tekanan darah tinggi atau hipertensi selama ini lebih dikenal sebagai faktor risiko terjadinya stroke hingga penyakit jantung. Namun, sebenarnya hipertensi bisa merusak semua organ tubuh.

Menurut Ketua Perhimpunan Hiperensi Indonesia, Dr. dr. Yuda Turana, SpS, hipertensi ternyata menjadi salah satu faktor risiko terjadinya demensia atau kepikunan pada usia lanjut.

“hipertensi usia muda yang tidak terkontrol faktor risiko pikun di usia senja,” ujarnya.

Yuda menuturkan, hipertensi turut memengaruhi kerusakan pembuluh darah di otak yang memicu terjadinya stroke apabila tidak terkontrol. Selain itu, sejumlah peneliti menemukan bahwa hipertensi juga bisa merusak sel-sel di otak yang terkait dengan fungsi kognitif. Kerusakan tersebut bisa berlanjut menjadi demensia.

Yuda mengungkapkan, berdasarkan penelitian yang dilakukan di Yogyakarta pada Desember 2015 hingga Januari 2016. wanita pun lebih berisiko demensia akibat hipertensi. Penelitian menemukan, wanita yang terkena stroke berpotensi mengalami demensia 7 kali lipat dibandingkan dengan pria yang hanya berisiko 4 kali lipat.

Hipertensi bisa menyerang di usia muda. Terlebih lagi jika memiliki riwayat keluarga yang terkena hipertensi. Pemeriksaan tekanan darah secara rutin dapat membantu mendeteksi hiperetnsi sejak dini. Dengan begitu, maka tekanan darah tinggi pun bisa dikontrol sejak dini.

Walaupun begitu, langkah terbaik adalah dengan mencegah jangan sampai terkena hipertensi. Anda bisa memulainya dengan mengatur pola makan sehat dengan membatasi asupan garam, tidak merokok, dan berolahraga secara teratur.

Artikel Terkait :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *