Kebaikan Air Kelapa Muda untuk Turunkan Tekanan Darah

Kebaikan Air Kelapa Muda untuk Turunkan Tekanan Darah,- Siapa yang tidak menyukai air kelapa muda. Efeknya yang menyegarkan menjadikan minuman yang satu ini termasuk salah satu minuman yang difavoritkan oleh banyak orang. Efek menyegarkan yang didapatkan dari air kelapa ini disebabkan karena air kelapa mengandung elektrolit alami yang sangat baik untuk menggantikan cairan tubuh yang hilang.

Selain itu, air kelapa terdiri dari air (94%) dan rendah kalori. Air kelapa juga merupakan sumber vitamin B, potasium, enzim, dan asam amino serta memiliki efek antioksidan dalam tubuh.

Namun, apakah Anda tahu bahwa ternyata air kelapa muda ini juga memiliki manfaat untuk membantu menurunkan tekanan darah ?

Meskipun penelitian ilmiah mengenai kebaikan air kelapa muda untuk turunkan tekanan darah masih terbatas, namun salah satunya menyebutkan bahwa tekanan darah pasien hipertensi yang rutin mengonsumsi air kelapa turun hingga 71%.

Dibandingkan dengan minuman isotonik atau energy drink, air kelapa lebih kaya akan kandungan kalsium daripada sodium. Seperti diketahui, sodium harus dibatasi karena dapat menyebabkan hipertensi atau tekanan darah tinggi.

Kandungan kalium dalam air kelapa yang cukup tinggi bermanfaat untuk membantu menurunkan tekanan darah. Dalam satu gelas air kelapa terkandung sekitar 600 mg kalium. Jumlah ini tergolong tinggi jika dibandingkan dengan kandungan kalium yang ada pada sayuran dan minuman lainnya.

Mineral kalisum baik untuk menjaga kesehatan sistem saraf dan melancarkan pembuluh darah. Mineral kalium juga memiliki peranan penting dalam menurunkan tekanan darah. Kalim membantu menyeimbangkan kadar natrium darah dan membantu agar fungsi-fungsi dalam tubuh dapat berjalan dengan baik.

Karena khasiatnya inilah, maka penderita penyakit tekanan darah tinggi bisa mencoba untuk sering mengonsumsi air kelapa sebagai alternatif obat darah tinggi untuk menurunkan tekanan darahnya. Walaupun begitu, air kelapa ini harus dikonsumsi secara wajar dan penggunaannya untuk menurunkan tekanan darah tentu tidak boleh sembarangan.

Jika air kelapa muda dikonsumsi dengan takaran yang wajar, maka ini tidak akan menimbulkan efek samping. Namun, jika dikonsumsi secara berlebihan, maka dapat menimbulkan efek samping yang harus diwaspadai, seperti membahayakan ginjal, terutama bagi mereka yang kondisi kesehatan ginjalnya kurang baik.

Mengonsumsi air kelapa secara berlebihan juga dapat menimbulkan hiperkalemia, yaitu kelebihan kalium dalam darah. Sebagaimana yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa air kelapa kaya akan kadnungan kalium, maka mengonsumsinya dalam jumlah yang berlebihan tentu dapat menimbulkan terjadinya penumpukan kadar kalium dalam darah. Hiperkalemia dapat memengaruhi kadar cairan dan elektrolit dalam tubuh. Jika mengalami kondisi hiperkalemia, maka Anda harus mendapatkan penanganan medis khusus karena bisa membahayakn ginjal, mengganggu ritme jantung, bahkan menyebabkan kematian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *