Kebaikan Buah Blueberry Bagi Penderita Tekanan Darah Tinggi

 

Kebaikan Buah Blueberry Bagi Penderita Tekanan Darah Tinggi,- Pada saat ini penderita hipertensi atau tekanan darah tinggi sudah semakin tinggi. Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) pada tahun 2013 menunjukkan bahwa penderita hipertensi yang berusia diatas 18 tahun mencapai 25,8 persen dari jumlah keseluruhan penduduk Indonesia.

Dari angka tersebut, penderita hipertensi perempuan lebih banyak 6% dibandingkan dengan laki-laki. Sedangkan yang terdiagnosis oleh tenaga kesehatan hanya mencapai sekitar 9,4%. Ini artinya masih banyak penderita hipertensi yang tidak terjangkau dan terdiagnosa oleh tenaga kesehatan dan tidak menjalani pengobatan sesuai anjuran tenaga kesehatan. Hal tersebut menyebabkan hipertensi sebagai salah satu penyebab kematian tertinggi di Indonesia.

Selain mengonsumsi obat hipertensi, perubahan gaya hidup juga bisa menjadi langkah yang efektif untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Perubahan gaya hidup untuk menurunkan tekanan darah tinggi bisa terlihat dampaknya dalam beberapa minggu. Langkah-langkah ini dapat dilakukan dengan cara-cara sederhana, seperti salah satunya yaitu mengatur pola makan sehat dengan memperbanyak konsumsi buah dan sayur yang dapat membantu menurunkan atau menormalkan kembali tekanan darah.

Ada beberapa buah yang diyakini dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi secara efektif, termasuk blueberry. Apa kebaikan blueberry bagi penderita tekanan darah tinggi ? Ini penjelasannya !

Manfaat dan Kebaikan Buah Blueberry Bagi Penderita Tekanan Darah Tinggi

Sebagian orang mungkin sudah tidak asing lagi dengan buah yang satu ini. Blueberry yang memiliki nama ilmiah Vaccinium cyanococcus merupakan tanaman asli Amerika Utara, yang menghasilkan berry berwarna biru dengan berbagai manfaat kesehatan, termasuk untuk membantu para penderita hipertensi.

Didalam blueberry terkandung potassium yang mampu mengontrol tekanan darah tinggi. Dalam sebuah riset disebutkan bahwa blueberry mampu menurunkan tekanan darah tinggi.

Sebuah penelitian yang diterbitkan oleh Journal of the Academy of Nutrition and Dietetics menjelaskan bagaimana terjadinya peningkatan tekanan darah pada perempuan pascamenopause dalam waktu 8 minggu yang memiliki tekanan darah tinggi. Mereka mengonsumsi seduhan tepung blueberry ini sama dengan satu gelas blueberry segar.

Hasilnya, rata-rata tekanan darah sistolik mereka turun hingga 5%, tekanan darah diastolik turun sekitar 6% serta kandungan oksida nitrat dalam darah naik hingga 69%. Oksida nitrat ini mampu membantu melancarkan aliran darah dengan cara melebarkan pembuluh darah.

Baca juga : Obat Hipertensi Kronis Alami

Selain itu, didalam buah blueberry juga diketahui terkandung flavonoid berupa antosianin yang bermanfaat untuk mencegah kerusakan akibat radikal bebas, dimana kerusakan tersebut mampu membentuk plak di pembuluh darah yang bisa menyebabkan hipertensi.

Mengonsumsi buah blueberry segar sekitar satu cangkir secara rutin setiap hari dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi serta menjaga kesehatan tekanan darah dan mencegah kekakuan pada arteri, menjaga kesehatan pencernaan, meningkatkan daya ingat, mencegah penyakit kanker, menurunkan risiko untuk terkena Alzheimer, serta demensia.

Selain itu, Anda juga bisa mengkombinasikan buah blueberry dengan buah lainnya yang mengadnung potassium, seperti pisang. Konsumsi smoothie buah blueberry yang dikombinasikan dengan pisang serta yoghurt secar rutin pada pagi dan sore hari untuk menjaga tekanan darah agar tetap stabil.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.