Kebaikan Buah Kiwi untuk Bantu Turunkan Hipertensi

Kebaikan Buah Kiwi untuk Bantu Turunkan Hipertensi,- Tidak sedikit orang yang tidak menyadari jika mereka mengidap hipertensi atau tekanan darah tinggi, sehingga mereka merasa sehat-sehat saja. Hal ini disebabkan karena memang hipertensi tidak menimbulkan gejala yang khas, bahkan kadang tidak menimbulkan gejala. Sehingga sulit untuk dideteksi secara dini.

Untuk menurunkan tekanan darah tinggi, Anda perlu mengonsumsi obat hipertensi yang diresepkan dokter. Selain obat, juga ada beberapa cara yang dianjurkan untuk membantu menurunkan tekanan darah, salah satunya yaitu dengan mengurangi asupan garam, olahraga, dan tidak mengonsumsi minuman beralkohol. Tidak hanya itu, Anda juga disarankan untuk mengonsumsi makanan sehat, seperti buah-buahan yang bisa membantu menurunkan tekanan darah tinggi.

Ada beberapa buah penurun tekanan darah tinggi yang bisa dikonsumsi, salah satu diantaranya adalah buah kiwi. Buah kiwi kaya akan kandungan serat serta memiliki kulit berwarna hijau-kecoklatan dan daging buah berwarna hijau terang atau keemasan dengan biji kecil, hitam, dan bisa dimakan. Tekstur buah ini sangat halus dan rasanya yang unik, saat ini buah kiwi sudah ditanamn di berbagai negara.

Buak kiwi juga diketahui kaya akn kadnungan antiokdian yang sangat baik untuk tubuh. Kiwi juga dapat membantu menurunkan dan mengendalikan tekanan darah. Dalam pertemuan American Heart Associatin di Orlando, Amerika Serikat, dipublikasikan hasil penelitian tentang khasiat buah kiwi yang dapat menurunkan hipertensi secara efektif.

Penelitian yang dilakukan oleh Mette Svendsen dari Universitas Rumah Sakit Oslo, Norwegia, menyebutkan bahwa mengonsumsi 3 kiwi dalam sehari cukup efektif untuk menurunkan hipertensi. Penelitian tersebut dilakukan selama 8 minggu terhadap 118 orang yang berusia 55 tahun dan mengidap hipertensi sedang.

Para responden dibagi ke dalam 2 kelompok, pertama adalah yang mengonsumsi 3 buah kiwi setiap hari dan sisanya mengonsumsi makanan yang mengandung apel 1 kali sehari. Setelah 8 minggu, para peneliti menemukan nilai tekanan sistolik (angka tekanan darah atas) pada partisipan lebih rendah 3,6 milimeter dibandingkan dengan partisipan yang mengonsumsi apel.

Meskipun kelompok yang mengonsumsi kiwi memiliki tekanan lebih rendah, tetapi para peneliti belum mengetahui apa penyebab utamanya. Hal ini baru bisa dikonfirmasi dengan penelitian yang lebih luas.

Untuk mendapatkan manfaatnya, Anda bisa mengonsumsinya secara langsung ataupun mengolahnya menjadi smoothies atau salad. Selain mengonsumsi kiwi, Anda juga disarankan untuk mengatur pola makan sehat dengan menjauhi makanan penyebab hipertensi dan lakukan olahraga secara rutin dan teratur.

Itulah informasi seputar kebaikan buah kiwi untuk bantu turunkan hipertensi. Semoga informasi yang kami berikan bermanfaat dan bisa membantu menurunkan serta mengontrol tekanan darah secara efektif sehingga dapat mencegah timbulnya komplikasi hipertensi yang berbahaya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *