Kebaikan Cincau Bantu Kendalikan Tekanan Darah Tinggi

Kebaikan Cincau Bantu Kendalikan Tekanan Darah Tinggi,- Cincau merupakan gel seupa agar-agar yang diperoleh dari perendaman daun tumbuhan tertentu dalam air. Selama ini cincau dikenal sebagai komponen utama minuman yang menyegarkan. Selain itu, ternyata cincau memiliki kandungan zat-zat yang dapat dimanfaatkan sebagai bahan pembuatan obat-obatan.

Masyarakat mungkin pernah mendengar manfaat cincau untuk membantu meredakan panas dalam. Itu merupakan salah satu manfaat yang bisa didapakan dari cincau. Namun, selain itu, cincau juga bisa digunakan sebagai obat tradisional untuk menurunkan tekanan darah tinggi atau hipertensi.

Seorang herbalis, Yusuf Wijaya mengatakan bahwa kandungan klorofil (zat hijau daun) yang terkandung didalam daun cincau memang bagus untuk meredakan hipertensi. Untuk mendapatkan khasiat terbaik dari cincau ini, alangkah baiknya Anda mengambil daun cincau yang berada di bawah pucuk, sehingga tidak terlalu tua dan tidak terlalu muda.

Daun yang terletak di bawah pucuk memiliki kandungan klorofil yang sangat bagus. Walaupun memiliki khasiat yang luar biasa, namun pengobatan hipertensi dengan manfaat daun cincau ini tidak cukup dilakukan hanya sekali. Sebaiknya penderita hipertensi rutin mengonsumsi olahan daun cincau ini 2 kali sehari pada pagi dan malam hari masing-masing 1 gelas.

Pada pagi hari, sebaiknya Anda mengonsusmi cincau saat perut masih dalam keadaan kosong. Ketika perut kosong, cincau akan diproses oleh tubuh dengan baik sehingga manfaatnya akan lebih cepat dirasakan. Setelah penderita hipertensi mengonsumsi cincau secara rutin selama 1 minggu, maka sebaiknya Anda segera memeriksakan tekanan darah Anda. Jika tekanan darah sudah nomral, daun cincau tetap bisa dikonsumsi setiap hari agar tubuh tetap fit dan sehat.

Karena pengobatan dengan daun cincau menggunakan bahan alami, maka tidak akan menimbulkan efek samping asalkan cincau yang dikonsumsi merupakan hasil buatan sendiri dan tidak menggunakan pemanis atau bahan kimia lainnya.

Selain dengan daun cincau, sebaiknya pengobatan tekanan darah tinggi juga diimbangi dengan pola makan sehat, seperti memperbanyak asupan serat dengan makan sayur-sayuran dan buah-buahan.

Penderita juga dianjurkan untuk mengurangi konsumsi garam, gorengan, alkohol, rokok, serta makanan yang menyengat seperti durian. Selain itu, pola hidup juga harus diperbaiki, diantaranya dengan cukup istirahat, memperbanyak minum air putih, serta olahraga secara teratur.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *