Khasiat dan Manfaat Buah Pisang untuk Atasi Hipertensi

Khasiat dan Manfaat Buah Pisang untuk Atasi Hipertensi,- Hipertensi sering disebut sebagai pembunuh dalam diam. Hal ini disebabkan karena hipertensi atau tekanan darah tinggi bisa terjadi kapanpun dan jarang menunjukkan gejala yang khas. Hipertensi biasanya dipicu oleh stress dan gaya hidup yang tidak sehat.

Untuk mengontrol tekanan darah tinggi, penderita harus mengonsumsi obat hipertensi yang telah diresepkan dokter secara rutin, bahkan hingga seumur hidup. Namun, apakah Anda tahu bahwa terdapat cara lain yang bisa membantu mengontrol tekanan darah tinggi secara alami dan juga mudah ?

Para ilmuwan menyakini bahwa mengonsumsi pisang, ubi, dan bayam setiap hari dapat membantu menurunkan tekann darah tinggi atau hipertensi. Kandungan kalium, mineral, serta potasium pada makanan tersebut bahwa dapat menyeimbangkan kadar garam dalam tubuh.

Disebutkan bahwa buah pisang sangat cocok dikonsumsi oleh penderita hipertensi, karena memiliki kandungan garam yang sangat minum dan juga kaya akan kandungan kalium. Kandungan kalium yang tinggi baik bagi pednerita tekanan darah tinggi. Kombinasi kalium yang tinggi dengan garam yang sangat rendah menjadikan pisang merupakan buah yang bermanfaat bagi penderita hipertensi.

Badan berwenang memberikan izin terhadap kelayakan makanan di Amerika (FDA) telah mengakui akan manfaat pisang untuk atasi hipertensi, sehingga mengizinkan produsen buah ini mengklaim bahwa manfaat buah pisang dapat menurunkan risiko tekanan darah tinggi dan stroke.

Semakin tinggi kadar kalium, maka semakin rendah pula risiko terkena serangan jantung dan stroke. Hal ini disebabkan karena kalium mengimbangi peran sodium didalam tubuh. Selain itu, pisang juga baik dikonsumsi oleh mereka yang sedang stres. Ketika stres, metabolisme tubuh meningkat secara drastis, sehingga mengurangi kadar kalium. Dengan mengonsumsi pisang secara rutin, maka kadar kalium akan kembali seimbang.

Keuntungan lainnya, kandungan sodium yang terdapat pada pisang cukup rendah. Ini menjadikan pisang aman dikonsumsi oleh mereka yang menderita tekanan darah tinggi dan harus melakukan diet rendah garam, tetapi membutuhkan kalium.

Baca Juga :

Selain itu, menurut Dr Alicia McDonough dari University of Southern California yang melakukan peninjauan tekanan darah dan kebaisaan diet menyebutkan bahwa makanan tinggi kalium secara efektif mampu menurunkan asupan natrium.

“Bukti menunjukkan, diet kalium yang tinggi akan mempengaruhi ginjal mengeluarkan lebih banyak garam dan air yang meningkatkan ekskresi kalium,” katanya.

Alicia menuturkan, hipertensi biasanya tidak memiliki gejala khusus. Namun, kondisi ini memengaruhi lebih dari satu miliar orang diseluruh dunia. Ratusan ribu orang diantaranya mengonsumsi obat untuk mengontrol tekanan darah.

Badan Kesehatan Dunia (WHO) memperkirakan, hipertensi bertanggung jawab atas setidaknya 51 persen kematian akibat stroke dan 45 persen penyakit jantung.

Untuk mencegah tekanan darah tinggi, Dr McDonough menyarankan agar kita membatasi asupan natrium, yang biasanya terdapat dalam garam dan bumbu masak lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *