Khasiat dan Manfaat Kedelai untuk Turunkan Hipertensi

Khasiat dan Manfaat Kedelai untuk Turunkan Hipertensi,- Hipertensi atau tekanan darah tinggi bukanlah penyakit yang asing lagi bagi masyarakan, terbukti dengan banyaknya orang yang mengidap penyakit ini.

Selain melakukan pengobatan dengan mengonsumsi obat hipertensi, penderita juga harus pintar dalam menjaga asupan makanan agar tekanan darah tetap terkontrol.

Ada beberapa makanan yang memang dapat membantu menurunkan berta badan, salah satunya adalah kedelai. Kini studi menemukan bahwa protein dalam susud an kedelai bisa membantu menurunkan tekanan darah sistolik.

Sebuah studi yang dilaporkan dalam Circulation: Journal of American Heart Association menemukan bahwa protein yang terkandung dalam susu dan kedelai berkaitan dengan nilai tekanan darah sistolik yang lebih rendah. Hasil studi menunjukkan bahwa makanan atau minuman yang kaya akan kandungan protein seperti susu dan kedelai bisa membantu mencegah dan mengobati tekanan darah tinggi.

Selain itu, manfaat kedelai untuk turunkan hipertensi juga disebabkan karena adanya kandungan isoflavon, yang merupakan salah satu antioksidan yang dapat mencegah atau menurunkan risiko penyakit metabolik seperti hipertensi dan hiperkolesterol.

Menurut penelitian pada tahun 2012, isoflavon dapat membantu menurunkan tekanan darah pada orang dewasa muda. Isoflavon mampu melebarkan pembuluh darah dengan cara meningkatkan pelepasan oksida nitrat.

Studi tersebut akan membawa petunjuk terkait rekomendasi diet untuk membantu mengontrol hipertensi pada pasien dewasa muda. Dalam studi yang dibiayai US National Institutes of Health tersebut, tim peneliti memeriksa data lebih dari 5.000 relawan.

Hasil analisa menunjukkan, bahwa mereka yang mengonsumsi jumlah isoflavon tertinggi perhari (lebih dari 2.5 miligram) memiliki tekanan sistolik rata-rata 5.5 mmHg lebih rendah dibandingkan dengan mereka yang mengonsumsi kurang dari 0.33 mg isoflavon per hari.

Temuan ini juga mengungkapkan, bahwa asupan isoflavon bersama dengan pola makan kaya buah, sayur, susu rendah lemak dan kacang-kacangan dapat menurunkan tekanan darah sistolik sebesar 100 mmHg pada orang-orang pra-hipertensi. Hal ini akan sangat membantu agar kondisi mereka tidak berkembang menjadi hipertensi.

Trmuan ini juga menunjukkan modifikasi pola makan atau gaya hidup dapat dilakukan dengan cara yang mudah dan tidak memerlukan obat-obatan kimia. Ini semua karena isoflavon meningkatkan produksi enzim yang mendorong produksi oksida nitrat yang dapat membantu memperlebar pembuluh darah dan dengan demikian tekanan darah akan menurun.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *