Khasiat Kopi Hijau untuk Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Ketenaran kopi hijau di kalangan masyarakat saat ini memang cukup diakui sebagai minuman penurun berat badan alami. Namun, siapa sangka jika kandungan asan klorogenat yang ada didalamnya juga mampu mengurangi tingkat tekanan darah dalam tubuh. Hal tersebut mungkin disebabkan karena senyawa ini dapat mempengaruhi pembuluh darah, sehingga tekanan darah bisa berkurang.

khasiat-kopi-hijau-untuk-menurunkan-tekanan-darah-tinggi

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan pada tahun 2006 pada Journal Clinical and Experimental Hypertension, pasien yang diberikan ekstrak kopi hijau sebanyak 140 mg perhari menunjukkan penurunan tekanan darah selama penelitian.

Sementara itu, beberapa hasil studi telah menemukan khasiat asam klorogenat dalam ekstrak kopi hijau, yaitu untuk menurunkan tekanan darah tinggi dalam tubuh. Ekstrak kopi ini memang terbuat dari biji kopi yang belum dipanggang. Berbeda halnya dengan kopi biasa yang sbelumnya telah melalui proses pemanggangan. Maka, dalam beberapa studi telah menemukan hasil yang berbeda, yaitu bubuk kopi yang sudah dipanggang justru dapat memicu peningkatan tekanan darah jika kurang tepat dalam mengonsumsinya.

Perubahan yang berlawanan ini telah diduga karena terbentuknya senyawa yang disebut dengan Hydroxyhydroquinone. Dimana senyawa yang satu ini terbentuk selama proses pemanggangan kopi itu sendiri. Sehingga pada akhirnya senyawa tersebut dapat menghalangi efek yang menguntungkan dari asam klorogenat pada biji kopi untuk kesehatan tubuh, terlebih lagi dalam menurunkan tekanan darah tinggi.

Bahkan, pada awal penelitian juga disebutkan bahwa mengonsumsi ekstrak kopi hijau setiapĀ  haris elama kurang lebih 12 minggu yang didalamnya terkandung asam klorogenat sekitar 50-140 mg, maka hasilnya dapat menurunkan tekanan darah tinggi yang dialami orang dewasa di Jepang. Dimaan untuk tekanan darah sistolik bisa berkurang hingga 10 mmHg. Selanjutnya untuk pasien tekanan darah diastolik bisa berkurang hingga 7 mmHg.

Baca Juga : Tips Mengatasi Tekanan Darah Tinggi saat Bangun Tidur

Maka dari itulah kopi hijau ini dapat dikonsumsi untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Namun,Anda juga harus memperhatikan batas maksimal ketika mengonsumsinya. Jika berlebihan, maka bisa menimbulkan efek samping yang cukup berbahay bagi tubuh, seperti mudah pusing, mual, dan sebagainya. Untuk batas mengonsumsi kafein setiap harinya, yakni haruslah kurang dari 300 mg ( layaknya 2 sampai 3 cangkir kopi / hari ).

Tidak hanya itu, kopi hijau juga dijadikan sebagai bahan alami untuk menurunkan tekana darah tinggi karena didalamnya terkandung sejumlah fitokia alami berupa asam klorogenat yang cukup tinggi. Sehingga dapat memberikan efek positif bagi pembuluh darah, dan tekanan darah pada tubuh menjadi berkurang.

2 thoughts on “Khasiat Kopi Hijau untuk Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

  1. sa'adiah binti md zin says:

    apa jenis ‘brand” kopi hijau yg boleh saya minum

    1. sri maryanti says:

      Untuk mengetahui jenis kopi hijau yang baik dan tepat, Anda bisa berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *