Komplikasi Hipertensi pada Mata yang Harus Diwaspadai

Komplikasi Hipertensi pada Mata yang Harus Diwaspadai,- Seperti yang telah diketahui, hipertensi merupakan penyakit yang cukup banyak diderita oleh masyarakat dan termasuk salah satu faktor penyebab timbulnya penyakit stroke dan jantung. Namun, selain itu, penderita hipertensi juga bisa mengalami risiko lain, salah satu komplikasi hipertensi yang belum banyak diketahui yaitu komplikasi hipertensi pada mata.

Penderita hipertensi bisa lebih berisiko mengalami penyakit mata yang disebut degenerasi makula atau kerusakan sel dalam makula. Makula sendiri terletak dalam retina dan bertujuan untuk memberikan penglihatan tajam.

Menurut spesialis mata, dr Anton Subhyakto SpM, salah satu faktor risiko yang ada pada penderita degenerasi makula yaitu seseorang dengan riwayat hipertensi. Pasalnya, jika seseorang memiliki tekanan darah tinggi, maka pembuluh darah bisa menjadi kaku.

Jika hal tersebut terjadi, maka suplai darah ke selaput jala atau retina menjadi tidak lancar. Sehingga retina semakin cepat mengalami proses degenerasi alias penuaan.

Anton memaparkan, 90% pasiennya terjangkit degenerasi makula jenis kering. Pada jenis tersebut, progresivitas penyakit lebih lambat daripada jenis basah. Walaupun begitu, pasien seringkali datang terlambat dalam kondisi yang sudah cukup parah. Keluhannya sudah menuju pada pandangan mata yang kabur dan asimetris.

Hal tersebut bisa sampai membuat penderitanya berjalan melenceng, karena dia merasa jalannya seperti berbelok-belok. Ironinya, degenerasi makula ini tidak dapat disembuhkan. Prosedur operasi sekalipun tidak dapat menjamin penglihatan akan kembali normal. Yang bisa dilakukan oleh para dokter adalah mencegah progresivitas dengan memberikan vitamin-vitamin tertentu untuk mata.

Jadi, jika terdapat salah satu keluarga yang terdiagnosis degenerasi makula, memiliki riwayat hipertensi dan kolesterol tinggi, maka sebaiknya segera perbaiki gaya hidup agar tekanan darah dan kadar kolesterol bisa terkontrol.

Selain itu, hindari juga paparan sinar matajari secara langsung. Anda bisa menggunakan kacamata UV dan konsumsi vitamin khusus mata untuk menghindari risiko komplikasi hipertensi pada mata. Hal ini sangat baik dilakukan oleh mereka yang memiliki ataupun tidak memiliki faktor risiko.

Baca juga :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *