Kontrol Tekanan Darah Tinggi dengan 6 Cara Mudah Berikut !

Kontrol Tekanan Darah Tinggi dengan 6 Cara Mudah Berikut !,- Setiap tahunnya penderita hipertensi di Indonesia terus mengalami peningkatan. Hal ini tentu menyebabkan risiko penyakit stroke, ginjal, jantung, dan demensia juga ikut meningkat. Menurut sebuah studi di Universitas Harvard, tekanan darah tinggi merupakan penyebab dari 15% dari semua kematian di Amerika Serikat.

Menurut organisasi jantung Amerika, 20% dari penduduk Amerika bahkan tidak mengetahui jika dirinya telah mengidap tekanan darah tinggi. Dari berbahayanya penyakit ini, Anda tentu perlu mengontrolnya untuk mencegah timbulnya komplikasi bahkan kematian mendadak.

Berikut merupakan cara mudah kontrol tekanan darah tinggi secara alami tanpa obat hipertensi kimia yang bisa dilakukan, yaitu :

Konsumsi makanan tinggi kalium dan potasium

Makanan yang kaya akan kandungan potasium dan kalium dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi. Untuk mendapatkan manfaatnya, penderita hipertensi bisa mengonsumsi ubi jalar, tomat, jeruk, kentang, pisang, kacang-kacangan, melon, blewah, dan buah-buahan kering seperti plum dan kismis yang mengadnung potasium dan kaslium tinggi.

Minum air putih yang cukup

Minumlah air putih yang cukup. Pasalnya, kekurangan cairan dan dehidrasi bisa memicu tekanan darah naik seketika.

Perbanyak konsumsi kedelai

Sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal Heart Association Amerika Serikat telah menunjukkan, bahwa konsumsi kedelai yang kaya protein serta rendah kandungan lemak dapat membantu mengurangi tekanan darah tinggi. Selain itu, kedelai juga memiliki kemampuan untuk menyeimbangkan tekanan darah sistolik.

Batasi makanan asin

Makanan tinggi garam bisa memicu naiknya tekanan darah. Maka dari itu, Anda harus mengurangi asupan makanan yang memiliki kandungan garam sangat tinggi, seperti sosis, keripik, dan bahan makanan olahan lainnya.

Cek tekanan darah secara rutin

Mengecek tekanan darah secara rutin merupakan hal yang harus dilakukan. Hal ini dilakukan untuk mengetahui tekanan darah Anda setiap saat, sehingga tekanan darah dapat terkontrol.

Rutin jalan kaki

Jalan kaki setidaknya 30 menit sehari bisa membantu jantung memompa darah lebih baik, ini juga bisa membuat denyut jantung lebih terjaga. Selain itu, yang paling uatam adalah jalan kaki bisa memicu aliran oksigen dalam darah menuju seluruh tubuh terutama otak menjadi lancar. Ini nantinya bisa membantu mengontrol tekanan darah secara efektif.

Baca juga : Tips Mengontrol Tekanan Darah Tinggi pada Masa Kehamilan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.