Kurang Gizi saat Hamil Bisa Sebabkan Anak Hipertensi

Kurang Gizi saat Hamil Bisa Sebabkan Anak Hipertensi,- Pada masa kehamilan, ibu harus bisa memenuhi kebutuhan nutrisi yang diperlukan oleh ibu dan juga janin. Asupan nutrisi memang sangat penting bagi janin sejak dalam kandungan.

Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) 2013 mencatat bahwa masalah kekurangan gizi setidaknya melanda sekitar 19,6% populasi anak Indonesia. Dampaknya sekitar 37% anak yang terhambat pertumbuhannya (stunting) dan terkena kondisi lain seperti anemia, penurunan IQ, hingga retardasi mental.

‘You are what you eat’, kalimat ini tentu menggambarkan apa yang terjadi pada diri kita tergantung dari apa yang kita konsumsi dan ibu kita konsumsi selama masa mengandung.

Early life nutrition juga bisa dikatakan sebagai sebuah strategi pemenuhan gizi yang tepat dan seimbang di awal kehidupan. Terutama pada 1.000 hari pertama kehidupan untuk mendukung pertumbuhan dan kesehatannya saat ini dan mendatang.

“Jika asupan makanannya tidak baik, maka akan terjadi masalah early life nutrition. Masalah kesehatan ini timbul akibat saat ibu mengandung asupan makannnya kurang,” tutur Dr. dr. Fiastuti Witjaksono, MS, MSc, SpGK (K).

Fiastuti mencontohkan, hipertensi bisa terjadi karena ibu kurang mengonsumsi satu jenis asam amino sehingga pembuluh darah menjadi kaku. Akibatnya, seseorang bsia mengderita hipertensi atua tidak, itu dipengaruhi dari apa yang dikonsumsi oleh ibu saat hamil.

Fakta mengenai masalah gizi tidak hanya kurus, akan tetapi pendek dan juga obesitas. “Stunting saat balita dapat berakibat pada kognitif dan performa sekolah bahkan ekonomi yang lebih buruk. Sedangkan anak yang alami obesitas bisa berisiko terkena sindrom metabolik saat dewasa seperti hipertensi, diabetes tipe 2 serta gangguan metabolik,” jelas Fiastuti.

Selain itu, kekurangan zat gisi mikro seperti zat besi, vitamin A, dan vitamin D juga bisa berpengauh terhadap kesehatan. Kekurangan zat besi dapat berpengaruh negatif terhadap kemampuan belajar dan produktivitas baik disekolah ataupun di tempat kerja. Sedangkan kekurangan vitamin A bisa menyebabkan gangguan pada mata, daya tahan tubuh, dan pertumbuhan. Serta kekurangan vitamin D dapat menyebabkan gangguan pada tulang.

Maka dari itu, disarankan bagi ibu hamil untuk mengonsumsi makanan yang bergizi seimbang. Sehingga dapat melahirkan anak-anak yang cerdas dan juga berkualitas.

Artikle terkait :

Obat Tekanan Darah Tinggi Ibu Hamil
Obat Hipertensi Gestasional

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *