Manfaat Daun Alpukat untuk Turunkan Tekanan Darah Tinggi

Manfaat Daun Alpukat untuk Turunkan Tekanan Darah Tinggi,- Tekanan darah tinggi atau disebut juga hipertensi merupakan salah satu penyakit yang cukup berbahaya dan bahkan bisa menyebabkan kematian di seluruh dunia dalam setiap tahunnya.

Tekanan darah tinggi merupakan salah satu faktor penyebab dari penyakit berbahaya, seperti penyakit jantung dan stroke. Maka dari itu, sangat disarankan untuk melakukan pemeriksaan tekanan darah secara rutin agar tekanan darah dapat terkontrol dengan baik.

Namun, bagi Anda yang telah didiagnosa mengidap tekanan darah tinggi, Anda tidak perlu khawatir. Ada banyak cara pengobatan hipertensi yang bisa dilakukan, mulai dari menjalankan gaya hidup sehat hingga mengonsumsi ramuan atau obat hipertensi.

Mengonsumsi obat hipertensi merupakan salah satu solusi pengobatan yang cukup banyak dipilih oleh penderita. Biasanya dokter akan meresepkan obat hipertensi sesuai dengan kondisi yang dialami oleh penderita. Namun, selain obat yang telah diresepkan dokter, biasanya para penderita hipertensi juga menggunakan ramuan herbal yang terbuat dari bahan-bahan alami untuk menurunkan tekanan darah tinggi.

Ramuan herbal mungkin sudah tidak asing lagi dikalangan masyarkat, khususnya di Indonesia. Ada banyak ramuan herbal untuk hipertensi yang bisa dimanfaatkan, salah satunya yaitu ramuan yang terbuat dari daun alpukat.

Daun alpukat merupakan salah satu tanaman herbal yang memiliki sifat antihipertensi. Menurut penelitian Dra Azizahwati MS. Apt yang dilakukan di Universitas Indonesia pada tahun 2010 tentang khasiat daun alpukat untuk hipertensi, membuktikan bahwa pada daun alpukat terkandung senyawa flavonoid yang berperan untuk mengatasi tekanan darah tinggi. Menurut beliau, sejauh ini dosis yang aman untuk dikonsumsi sebagai obat hipetensi adalah 10 mg/kg berat badan dengan melarutkan ekstrak daun avokad menggunakan pelarut etanol 70%.

Penelitian pun kembali dilakukan di Universitas Kristen Marantha oleh Runy Hermawan di Bandung, Jawa Barat, mengungkapkan bahwa daun alpukat mampu menurunkan tekanan darah pada pria dengan cara yang signifikan. Penelitian yang sama juga dilakukan oleh Monica Ariesta dari Universitas yang sama pada tahun 2010, hasilnya menunjukkan adanya penurunan tekanan darah yang sama pada wanita.

Selain beramnfaat untuk menurunkan hipertensi, daun alpukat juga diketahui efektif sebagai obat antihiperlipidemia, yaitu kondisi dimana terjadi penyumbatan pada jalur pembuluh darah.

Berikut ini cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan manfaat daun alpukat untuk turunkan tekanan darah tinggi, yaitu :

  • Siapkan 4 samapi 5 lembar daun alpukat yang telah dicuci bersih.
  • Siapkan 1 gelas air putih dan gula batu secukupnya.
  • Didihkan air dan masukkan daun alpukat ke dalamnya.
  • Masukkan gula batu secukupnya. Ini bertujuan untuk menghilangkan rasa pahit dari daun alpukat.
  • Didihkan ramuan tersebut kurang lebih 3 menit.
  • Setelah itu, angkat dan dinginkan ramuan daun alpukat yang telah mendidih.
  • Saring air rebusan tadi kedalam gelas dan minumlah secara rutin 1 kali sehari.

Semoga bermanfaat.

Baca juga :

Obat Hipertensi Selain Amlodipine yang Ampuh
Pengobatan Hipertensi dengan Daun Salam
Manfaat Daun Tapak Dara untuk Hipertensi
Manfaat Kumis Kucing untuk Lawan Hipertensi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *