Manfaat Kumis Kucing untuk Bantu Lawan Hipertensi

Manfaat Kumis Kucing untuk Bantu Lawan Hipertensi,- Penyakit hipertensi atau tekanan darah tinggi menjadi salah satu masalah kesehatan yang cukup banyak diderita oleh masyarakat. Untuk membantu menurunkan dan mengontrol tekanan darah, penderita harus mengonsumsi obat hipertensi yang telah diresepkan setiap hari secara rutin.

Namun, tidak sedikit penderita yang khawatir dengan efek samping yang akan ditimbulkan dari obat hipertensi jika dikonsumsi secara terus menerus. Maka dari itu, tidak sedikit pula yang mencari solusi alternatif untuk membantu menurunkan tekanan darah, salah satunya dengan mengonsumsi obat tradisional. Ada beberapa bahan alami yang diyakini memiliki khasiat untuk membantu menurunkan berat badan, salah satunya adalah tanaman kumis kucing.

Tanaman kumis kucing atau Othosipon grandiflora Bold merupakan tanaman yang tumbuh liar di tanah yang lembab. Di beberapa daerah, tanaman ini dikenal juga dengan nama remujung, brengos kucing, dan sesaseyan.

Seudah sejak lama tanaman ini dikenal memiliki beragam manfaat untuk mengatasi penyakit. Sifat diuretik yang dimilikinya membuat kumis kucing menjadi pilihan untuk membantu menurunkan tekanan darah.

Pada beberapa sumber literatur termasuk buku rujukan ‘Cabe Pulang Warisan Nenek Moyang’, tanaman ini termasuk penurun hipertensi. Menurut dr Prapti Utami, M.Si, seorang konsultan dan praktisi herbal medik, untuk mengatasi hipertensi, ada beberapa cara yang bisa dilakukan, yaitu siapkan 10 lembar daun kumis kucing yang masih segar, kemudian seduh dengan 200 cc air panas dan tutup gelas.

Atau bisa juga dengan cara mengeringkan daun kumis kucing. Ambil 10 gram daun kumis kucing yang telah di keringkan dan rebus dengan 4 gelas air. Didihkan hingga tersisa menjadi 3 gelas. Minum ramuan tersebut 1 jam sebelum makan, 3 kali sehari.

Ramuan kumis kucing untuk bantu lawan hipertensi ini ini tidak dianjurkan dikonsumsi secara terus menerus tanpa mengontrol tekanan darah.

Tidak hanya mampu menurunkan tekanan darah tinggi, kumis kucing juga dipercaya dapat membantu mengatasi penyakit batu ginjal dan masalah kantong empedu. Khasiat ini didukung dengan adanya kandungan antialergi, antihipertensi, antiinflamasi, dan diuretik, sehingga dapat meluruhkan batu ginjal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *