Manfaat Semangka untuk Turunkan Tekanan Darah Tinggi

Manfaat Semangka untuk Turunkan Tekanan Darah Tinggi,- Semangka merupakan salah satu jenis buah yang kaya akan kandungan air. Sehingga akan sangat menyegarkan jika dikonsumsi, terlebih lagi saat cuaca panas. Memiliki rasa yang manis, buah semangka menjadi salah satu buah yang cukup banyak digemari.

Disamping itu, ternyata buah semangka ini memiliki manfaat bagi kesehatan. Sebuah penelitian yang dilakukan di Florida State University menyebutkan bahwa mengonsumsi semangka secara rutin dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi. Professor Arturo Figueroa yang melakukan penelitian ini meminta 13 laki-laki dan perempuan dewasa yang mengalami tekanan darah tinggi untuk mengonsumsi semangka secara rutn selama 12 minggu. Kedua kelompok ini juga diminta untuk mengonsumsi 4 gram asam amino L-citrulline dan 2 gram L-arginine per hari yang berasal dari ekstrak semangka.

Hasilnya, penelitian ini menunjukkan bahwa mengonsumsi semangka mampu memberikan dampak positif pada tekanan darah aorta dan pembuluh darah parameter lainnya.

Kedua zat alami yang terkandung didalam semangka telah bekerjasama untuk menurunkan tekanan darah tinggi yang dialami oleh pasien. Selain itu, semangka juga mampu menurunkan tingkat stres jantung para penderita.

Walaupun begitu, pola hidup sehat harus tetap dilakukan untuk mendukung terapi pengobatan hipertensi atau tekanan darah tinggi dengan memanfaatkan semangka ini. Agar hasil yang didapatkan lebih maksimal dan tekanan darah tetap terkontrol.

Tekanan darah tinggi atau hipertensi merupakan penyakit yang cukup banyak diderita oleh masyarakat dan jarang sekali menunjukkan gejala, sehingga terlambat untuk didiagnosis. Seseorang dikatakan mengidap hipertensi jika tekanan darahnya berada diatas normal, sekitar 140/90 mmHg yang mana tekanan darah normal adalah 110/90 mmHg.

Darah tinggi identik dengan orang tua, namun saat ini tidak sedikit pula mereka yang masih berusia muda, bahkan hingga anak-anak yang menderita hipertensi yang bisa disebabkan oleh stres, gaya hidup tidak sehat, hingga faktor genetik atau keturunan.

Baca juga :

Obat Hipertensi Resisten Alami
Obat Hipertensi Maligna
Ganja Tingkatkan Risiko Kematian Akibat Hipertensi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *