Manfaat Tanaman Ciplukan untuk Atasi Tekanan Darah Tinggi

Manfaat Tanaman Ciplukan untuk Atasi Tekanan Darah Tinggi,- Ada banyak tanaman alami yang diketahui berkhasiat untuk membantu mengobati tekanan darah tinggi, salah satunya adalah ciplukan. Tanaman ini dapat hidup dan tumbuh di alam liar serta cukup mudah ditemukan.

Selain tumbuh bebas di alam liar, saat ini tanaman ini juga mulai banyak dibudidayakan. Hal ini disebabkan karena tanaman ini memiliki manfaat yang sangat banyak bagi kesehatan. Salah satunya yaitu dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi.

Khasiat ciplukan untuk menurunkan tekanan darah tinggi ini tidak lepas dari kandungan yang dimilikinya. Batang daun ciplukan diketahui memiliki kandungan physalin yang baik bagi penderita tekanan darah tinggi. Selain itu, ciplukan juga mengandung asam malat, gula, tanin, alkanoid, kriptoxatin, dan vitamin C.

Tekanan darah tinggi atau disebut juga hipertensi adalah kekuatan aliran darah yang mendorong melawan dinding pembuluh darah arteru dari jantung. Kekuatannya pun dapat berubah-ubah dari waktu ke waktu, sesuai dengan aktivitas yang sedang dilakukan jantung. Seperti saat sedang berolahraga ataupun dalam kondisi normal dan daya tahan pembuluh darahnya. Seseorang disebut mengalami tekanan darah tinggi jika memiliki tekanan darah lebih dari 140/90 mmHg.

Penyebab naiknya tekanan darah memang masih belum diketahui secara pasti, namun dapat juga disebabkan oleh pola makan yang buruk serta gaya hidup tidak sehat. Sebagian besar makanan seperti makanan asin, yang mengandung pemanis buatan dan yang mengandung natrium dapat menjadi pemicu meningkatnya tekanan darah tinggi. Selain itu, kebiasaan merokok juga bisa menjadi penyebab tekanan darah tinggi.

Bagi Anda yang mengidap tekanan darah tinggi, selain minum obat hipertensi Anda juga bisa mencoba manfaat tanaman ciplukan untuk atasi tekanan darah secara alami. Berikut ini cara pengolahan ciplukan untuk mengobati tekanan darah tinggi, yaitu :

  • Sipakan sekitar 5 gram ciplukan dan 2 gelas air putih.
  • Masukkan kedua bahan tersebut ke dalam panci yang terbuat dari tanah liat.
  • Rebus hingga mendidik atau sekitar 10-14 menit sambil diaduk.
  • Setelah itu, angkat lalu saring dan tuangkan air rebusan tersebut ke dalam gelas.
  • Minum ramuan ini 2 kali dalam sehari setiap pagi dan sore hari.

Lakukan pengobatan ini secara rutin dan teratur agar bisa mendapatkan manfaat yang optimal dan tekanan darah tinggi bisa kembali normal secara perlahan.

Selain itu, Anda juga disarankan untuk menjaga pola makan dan gaya hidup sehat untuk mencegah tekanan darah kembali naik dan tetap terkontrol dengan baik. Semoga membantu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.