Manfaat Teh untuk Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Manfaat Teh untuk Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Hipertensi atau tekanan darah tinggi merupakan salah satu masalah kesehatan yang banyak dialami oleh masyarakat. Maka tidak heran jika banyak orang yang mencari solusi atau obat darah tinggi yang efektif untuk membantu menurunkan serta mengontrol tekanan darah. Namun, sebenarnya konsumsi obat yang terus menerus dan berlebihan justru dapat membuat tekanan darah semakin tidak normal dan mengganggu kesehatan organ lain.

Namun, ada salah satu cara yang diyakini mampu membantu menurunkan tekanan darah, yaitu dengan mengonsumsi teh. Biasanya minuman atau makanan yang mengandung kafein tidak disarankan bagi para penderita hipertensi. Namun, hal tersebut tidak berlaku untuk teh. Karena sebuah penelitian yang dilakukan di Jepang menunjukkan bahwa senyawa dalam teh dapat menghambat tekanan darah. Hasil penelitan ini dpublikasikan dalam Jpurnal of Physiological Anthropologi.

Ai Yoko dan timnya dari University of Shizouka menemukan bahwa salah satu kandungan dalam teh yang bernama L-theanine secara signifikan dapat menghambat tekanan darah. Selain itu, L-theanine ini juga dapat mengurangi ketegangan dankecemasan dalam sebuah tes yang dilakukan pada relawan yang bergabung dalam penelitian tersebut.

Dalam penelitian yang dilakukan secara terpisah, peneliti adari Australia menemukan bahwa orang yang mengonsumsi 3 cangkir teh sehari dapat menurunkan tekanan darah rata-rata 2-3 poin dibandingkan dengan mereka yang tidak mengonsumsi teh. penelitian tersebut ditulis dalam Jurnal Archives of Internal Medicne yang diterbitkan pada bulan Januari.

Tidak hanya itu, didalam teh juga terkandung flavonoid yang dapat meningkatkan kesehatan pembuluh darah, mengurangi berat badan dan lemak di perut.

Dengan begitu banyaknya manfaat yang ada didalamnya, teh bisa menjadi salah satu hal yang bisa Anda masukkan dalam menu harian Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *