Mengenal Hipertensi Jas Putih serta Bahaya dan Penanganannya

Mengenal Hipertensi Jas Putih serta Bahaya dan Penanganannya,- obathipertensi.info – Anda mungkin sudah tidak asing lagi dengan penyakit hipertensi atau tekanan darah tinggi. Kondisi ini terjadi ketika tekanan darah mengalami peningkatan melebihi batas normal. Tekanan darah tinggi biasanya terjadi secara terus-menerus.

Tapi, apakah Anda mengetahui mengenai hipertensi jas putih ? Apa pebedaan antara jenis hipertensi ini dengan hipertensi pada umumnya ? Bagi Anda yang ingin mengetahui informasi lengkapnya, simak uraiannya dibawah ini!

Hipertensi Jas Putih

Mengenal dan Memahami Hipertensi Jas Putih serta Bahaya dan Penanganannya

Apakah Anda pernah merasa gugup dan takut setiap menemui dokter? Anda tidak sendirian. Sebagian besar pasien ternyata juga mengalami hal yang sama. Bahkan efek ini juga bisa meningkatkan tekanan darah. Kondisi ini disebut juga dengan hipertensi jas putih.

Hipertensi jas putih atau white coat hypertension atau white coat effect merupakan suatu kelainan seseorang yang mengalami tekanan darah tinggi saat bertemu dengan tenaga medis, seperti dokter.

Sesuai dengan namanya, hipertensi jas putih ini biasanya ditemukan pada mereka yang bertemu dengan tenaga medis yang menggunakan jas putih khas seperti yang biasa digunakan di berbagai tempat layanan kesehatan. Tekanan darah seseorang umumnya akan tetap stabil. Namun, pada mereka yang mengalami hipertensi jas putih, tekanan darahnya akan mengalami peningkatan ketika bertemu dengan tenaga medis.

hipertensi jas putih terjadi ketika penderita sedang berada di lingkungan medis. Hal ini bisa terjadi karena stres yang meningkat. Diagnosis bisa ditegakkan jika tekanan darah saat di rumah sakit lebih tinggi dari 140/90 mmHg dan pengukuran tekanan darah di luar rumah sakit kurang dari 135/85 mmHg.

Ada banyak faktor yang bisa menyebabkan seseorang rentan mengalami hipertensi jas putih. Kondisi ini biasanya bisa terjadi pada seseorang yang memiliki gangguan cemas atau depresi. Untuk diagnosis hipertensi jas ptih, biasanya dilakukan dengan metode pemeriksaan ambulatory blood pressure monitoring (ABPM), dimana ini merupakan standar pemeriksaan untuk mendiagnosis hipertensi jas putih dan untuk membedakannya dari hipertensi pada umumnya. Namun, sayangnya metode pemeriksaan ini tidak tersedia di banyak fasilitas kesehatan dan biasanya akan memerlukan biaya yang cukup mahal untuk melakukannya.

Apakah hipertensi jas putih berbahaya ?

Seseorang dengan hipertensi jas putih nyatanya memiliki peningkatan risiko untuk mengidap tekanan darah tinggi yang menetap. Pada orang yang mengalami kondisi ini, kejadian tekanan darah yang menetap lebih tinggi, yaitu sekitar diangka 46,9% dibandingkan dengan orang yang memiliki tekanan darah normal, yaitu 22,2%.

Selain itu, penderita hipertensi jas putih juga memiliki risiko terjadinya baerbagai kerusakan organ seperti gangguan jantung dan pembuluh darah. Berbagai gangguan ini terjadi karena adanya peningkatan saraf simpatik dan dapat berdampak buruk pada berbagai organ vital manusia.

Bagaimana cara mengatasi hipertensi jas putih ?

Sampai saat ini penanganan hipertensi jas putih masih menuai kontroversi dengan pertanyaan utama apakah hipertensi ini memerlukan terapi secara khusus. Hal ini terkat dengan waktu memulai terapi obat-obatan. Walaupun demikian, perubahan gaya hidup tetap disarankan.

Bagi penderita hipertensi jas putih disarankan untuk mengurangi makanan tinggi garam serta makanan tinggi lemak jenuh seperti daging sapi dan kambung, susu dan berbagai produk olahannya (keju, es krim, yoghurt), dan berbagai jenis makanan yang berminyak dan berlemak.

Selain itu, cobalah untuk menjadwalkan olahraga secara rutin untuk menurunkan tekanan darah. Olahraga yang disarankan adalah aerobik seperti lari pada pagi hari dan berenang. Kedua jenis olahraga ini memiliki dampak yang baik untuk kesehatan jantung dan pembuluh darah.

Jadi, meskipun tidak disertai dengan gejala apapun, hipertensi jas putih ini tetap memerlukan penanganan yang serius. Tidak ada salahnya untuk menerapkan pola hidup sehat untuk mencegah terjadinya penyakit ini, atau penyakit lainnya di masa depan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.