Mengenali Gejala Hipertensi yang Sering Tidak Disadari

Mengenali Gejala Hipertensi yang Sering Tidak Disadari,- Dikarenakan tidak menunjukkan gejala apapun, hipertensi atau tekanan darah tinggi sering kali tidak terdiagnosis dan keberadaannya jarang disadari oleh penderita. Padahal, jika tidak ditangani, penyakit ini bisa menimbulkan berbagai komplikasi dan risiko lainnya.

Untuk mencegah terjadinya risiko komplikasi hipertensi yang lebih berbahaya, Dr. Akshay Challani, Dokter Spesialis Perawatan Kritis di Akshjyot Clinic, Mumbai, menjelaskan beberapa gejala hipertensi yang sering tidak disadari dan belum banyak diketahui, diantaranya adalah :

  • Nyeri dada

Nyeri dada tidak selalu berhubungan dengan penyakit jantung. Faktanya, nyeri pada dada yang samar atau sering biasanya justru menandakan tekanan darah yang naik.

  • Pusing

Pada beberapa kasus, ketika mengalami hipertensi, hal ini ditandai dengan timbulnya rasa pusing. Jika hal ini terjadi, maka segeralan berbaring dan periksakan diri Anda ke dokter.

  • Nyeri pada mata

Gejala hipertensi yang sering tidak disadari oleh penderita selanjutnya yaitu nyeri yang timbul pada mata. Sebagian besar orang sering mengabaikan nyeri yang timbul pada mata. Mereka berpendapat jika hal ini disebabkan oleh kelelahan akibat seharian bekerja di depan komputer. Namun faktanya, hal ini juga bisa menjadi indikasi adanya tekanan darah tinggi.

Baca juga : Komplikasi Hipertensi pada Mata

  • Letih

Jika belakangan ini Anda sering merasa letih secara terus menerus, baik secara fisik dan mental, alih-alih menyalahkan pada beban pekerjaan, alangkah baiknya Anda mencoba untuk mengecek tekanan darah Anda.

  • Batuk terus menerus

Jika Anda terus-menerus batuk, bahkan ketika berbaring, segera lakukan pemeriksaan terhadap tekanan darah Anda. Karena hal ini bisa jadi disebabkan oleh tekanan darah yang terus naik.

  • Kehilangan minat

Ini merupakan salah satu tanda hipertensi yang tidak umum. Sebagian besar orang kehilangan minat untuk menjalani aktivitas sehari-hari. Jika Anda mearasakan hal ini, jangan terus diabaikan. Berkonsultasilah dengan dokter untuk memastikan penyebabnya.

Itulah beberapa gejala hipertensi yang sering tidak disadari oleh para penderitanya. Maka dari itu, untuk mencegah timbulnya hipertensi, alangkah baiknya jika kita lebih waspada terhadap berbagai gejala yang timbul. Segera periksakan diri Anda jika mengalami salah satu atau beberapa gejala yang telah disebutkan diatas untuk mengetahui penyebabnya dan agar bisa segera dilakukan tindakan yang tepat.

Artikel terkait :

Obat Hipertensi Maligna
Obat Hipertensi Esensial
Obat Hipertensi Pulmonal
Obat Hipertensi Sistolik Terisolasi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *