Menilik Manfaat Rumput Laut untuk Penderita Hipertensi

Menilik Manfaat Rumput Laut untuk Penderita Hipertensi,- Bagi para penggemar makanan Jepang, seperti sushi atau onigiri, mungkin sudah tidak asing lagi dengan rumput laut. Rumput laut termasuk ke dalam kelompok algae dan terdiri dari beberapa jenis, seperti alga coklat, alga merah, dan alga hijau.

Rumput laut disebut juga sayuran laut, atau marine vegetables. Seperti yang diketahui sayuran memiliki kandungan kalori yang rendah. Dalam semangkuk rumput laut mentah atau rumput laut wakame mengandung sekitar kurang dari 20 kalori.

Selain nikmat untuk dikonsumsi, ternyata rumput laut ini juga menyimpan manfaat yang luar biasa bagi kesehatan, salah satunya yaitu untuk membantu mengatasi hipertensi. Bagi para penderita hipertensi, Anda mungkin pernah disarankan untuk mengonsumsi rumput laut. Sumber daya hayati ini disebut-disebut dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi.

Manfaat Rumput Laut

Benarkah demikian ?

Hipertensi atau lebih dikenal dengan penyakit tekanan darah tinggi telah menjadi masalah kesehatan bagi banyak orang. Pada tahun 2013, lebih dari sepertiga penduduk Indonesia, atau lebih dari 60 juta penduduk tercatat mengidap hipertensi. Menurut data dari Riskesdas 2013, hipertensi paling banyak dialami oleh kelompok usia 55 sampai 64 tahun.

Pada umumnya hipertensi terjadi bersamaan dengan penyakit metabolik lainnya, seperti diabetes, kolesterol tinggi, obesitas, serta dapat meningkatkan risiko terjadinya penyakit jantung.

Untuk menjaga agar tekanan darah tetap normal, penderita harus mengonsumsi obat hipertensi secara teratur. Namun, sebagian besar penderita hipertensi hanya mengonsumsi obat pada saat mereka merasakan keluhan sakit kepala akibat tekanan darah tinggi. Padahal, hal tersebut sangat berbahaya.

Selain itu, penderita hipertensi juga biasanya disarankan untuk menjalankan pola hidup sehat dengan mengonsumsi makanan bergizi, mengurangi makanan asin, daging merah, makanan olahan, makanan tinggi lemak, memperbanyak sayuran dan buah-buahan, berolahraga secara teratur minuman 50 menit seminggu, serta mengruangi berat badan berlebih.

Manfaat Rumput Laut untuk Penderita Hipertensi

Rumput laut merupakan makanan tradisional Jepang yang bisa dikonsumsi sendiri, dicampur ke dalam nasi sebagai nori, atau dicampurkan ke dalam salad atau sup sebagai wakame.

Telah lama rumput laut ini diyakini sebagai makanan sehat karena mengandung serat yang tinggi, vitamin, dan mineral. Tidak hanya itu, berdasarkan penelitian, rumput laut juga terbukti dapat membantu menurunkan tekanan darah, baik pada orang dewasa ataupun anak-anak.

Para peneliti menduga jika kandungan fucoxanthin, phlorotannins, dan peptida yang terkandung dalam rumput laut bertanggungjawab atas mekanismenya memerangi tekanan darah tinggi. Diketahui pula jika rumput laut dapat menghambat enzim penyebab hipertensi, yang juga dapat dihambat oleh obat hipertensi seperti captopril.

Sebaiknya seberapa banyak rumput laut yang boleh dikonsumsi ?

Pada anak-anak, dosis rumput laut yang disarankan adalah sekitar 0,6 – 0,8 gram per hari. Sedangkan untuk orang dewasa, mengonsumsi pil yang berisi rumput laut kering sebanyak 5-6 gram perhari dapat membantu menurunkan tekanan darah sampai 29 mmHg.

Mengonsumsi rumput laut terlalu banyak dapat menyebabkan yodium berlebihan pada tubuh. Anda harus mengonsumsi secukupnya saja. Rumput laut mengambil mineral yang ada di laut tempat mereka hidup. Bisa saja tanaman ini menyerap arsenik dan metal berat lainnta. Ketika dikonsumsi secara berlebihan, maka tentunya ini tidak akan baik bagi kesehatan tubuh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.