Menu Buka Puasa sehat yang Tepat untuk Penderita Hipertensi

Menu Buka Puasa sehat yang Tepat untuk Penderita Hipertensi,- Puasa di bulan merupakan salah satu ibadah wajib yang harus dilakukan oleh setiap muslim. Selain keistimewaan dari sisi pahala, puasa juga dapat memberikan dampak positif bagi kesehatan.

Namun, bagaimana dengan penderita penyakit hipertensi ? bisakah kita menjalankan puasa dengan lancar tanpa mempengaruhi kondisi tekanan darah ? Anda tidak perlu khawatir. Karena pada prinsipnya, tidak ada masalah bagi penderita hipertensi selama tekanan darahnya terkendali dan penderita minum obat hipertensi secara teratur. Saat ini sudah banyak obat yang bisa diminum cukup 1 kali dalam sehari, yang bisa diminum saat buka atau sahur.

Walaupun begitu, Anda harus tetap menerapkan pola makan yang sehat. Pasalnya, salah-salah menyantap makanan justru bisa membuat gejala hiperetnsi kambuh. Akan tetapi, Anda tidak perlu khawatir lagi karena gejala tersebut dapat diatasi dengan pemilihan makanan yang tepat saat berbuka puasa.

Agar tak salah pilih menu berbuka, berikut ini kami sajikan informasi seputar menu buka puasa sehat yang tepat untuk penderita hipertensi, diantaranya :

  • Sayur bayam

Bayam merupakan salah satu sayuran hijau yang dianjurkan untuk dikonsumsi penderita hipertensi karena kandungan kaliumnya. Ketika tubuh menerima asupan kalium, mineral tersebut akan membantu mengikat natrium dalam darah dan mengeluarkannya bersama urin. Hasilnya, tekanan darah tinggi saat seharian berpuasa akan menurun secara perlahan.

Maka dari itu, sajian sayur bayam ini bisa menjadi salah satu pilihan menu berbuka puasa sehat untuk penderita hipertensi. Agar rasanya semakin nikmat dan menggugah selera, Anda bisa menambahkan jenis sayuran lainnya, seperti wortel dan jagung manis sebagai pelengkapnya.

  • Ikan tuna panggang

Ikan merupakan salah satu sumber protein terbaik dengan kandungan lemak yang rendah. Dari sekian banyak jenis ikan yang ada, ikan tuna adalah salah satu jenis ikan yang baik dikonsumsi oleh penderita hipertensi.

Ikan tuna kaya akan kandungan asam lemak omega-3 yang dapat mencegah plak pada pembuluh darah, mengurangi peradangan, dan menurunkan kadar trigliserida dalam tubuh. Ketika pembuluh darah aman dari timbunan plak, maka ini artinya aliran darah akan semakin lancar dan tidak memerlukan tekanan berlebih untuk mengirimkan darah ke organ vital dalam tubuh.

Agar sajian ikan tuna untuk berbuka puasa menjadi lebih sehat, masaklah ikan tuna dengan cara dipanggang untuk menjaga agar kadar vitamin dan mineral didalamnya. Bumbui dengan minyak zaitun, perasan lemon, dan rempah-rempah lainnya untuk menambah cita rasanya.

  • Kurma

Kurma banyak bermunculan saat bulan Ramadhan. Ternyata selain memiliki rasa yang manis, kurma juga nyatanya cocok dikonsumsi sebagai menu buka puasa untuk hipertensi.

Hal ini disebabkan karena kurma mengandung kalium dan magnesium tinggi yang bermanfaat untuk menjaga keseimbangan cairan tubuh, mengendalikan detak jantung, dan menurunkan tekanan darah. Dengan mengonsumsi 4 buah kurma saat berbuka puasa, Anda telah memenuhi sekitar 668 mg kalium atau setara dengan 14% kebutuhan kalium harian pada orang dewasa.

  • Jus buah

Menu buka puasa sehat untuk penderita hipertensi selanjutnya yaitu jus buah. Jus buah delima dilaporkan dapat membantu menurunkan tekanan darah secara alami. Bahkan, buah yang berwarna merah ini juga efektif untuk meningkatkan kekebalan tubuh pada pasien yang menjalani dialisis atau cuci darah ginjal.

Selain delima, Anda juga bisa mengonsumsi jus pisang untuk membantu mengendalikan tekanan darah selama berpuasa. Pasalnya, satu buah pisang ukuran sedang ternyata dapat memenuhi 1% kalsium, 8% magneisum, dan 12% kalium yang diperlukan setiap harinya. Maka dari itu, mulaikan rutin mengonsumsi jus buah saat berbuka agar tekanan darah Anda tetap stabil selama bulan puasa.

Baca juga : Terapi Jus untuk Hipertensi

  • Kolak pisang

Kolak pisang merupakan menu takjil favorit selama bulan Ramadhan. Meskipun Anda memiliki masalah dengan tekanan darah tinggi, namun Anda tetap bisa makan kolah saat berbuka puasa.

Namun, Anda harus hati-hari dengan santan dan kandungan gula didalamnya. Keduanya dapat memicu kenaikan kolesterol dan gula darah. Maka dari itu, buat kolak sehat versi Anda dengan menggunakan susu skim (bebas lemak) atau yoghurt sebagai pengganti santan.

Susu skim maupun yoghurt sama-sama mengandung kalsium tinggi dan rendah lemak. Kedua zat gizi tersebut dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi saat puasa.

Sebagai pelengkapnya, Anda bisa menambahkan pisang untuk menambah asupan kalium pada menu buka puasa Anda. Kandungan kalium yang terdapat pada pisang dapat membantu mengurangi efek natrium dalam darah. Kombinasi ini jelas bermanfaat untuk membantu mengatasi tekanan darah tinggi saat puasa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *