Menurunkan Tekanan Darah Tinggi Dengan Konsumsi Tomat

Tomat mungkin termasuk salah satu jenis sayuran yang banyak ditemukan di Indonesia. Buah yang berwarna merah ini biasanya digunakan sebagai bahan makanan atau dijadikan sebagai jus segar. Namun, apakah Anda tahu bahwa terdapat tips menurunkan tekanan darah tinggi konsumsi tomat ?

Hal ini termuat dalam sebuah fakta baru yang cukup mengejutkan yang baru saja dirilis dalam sebuah penelitian yang dilakukan oleh Universitas Ben Gurion yang menguji tomat sebagai penurun tekanan darah tinggi selama 16 minggu pada 31 orang. Dan hasilnya menunjukkan bahwa mereka yang mengonsumsi buah tomat secara rutin selama 16 minggu menunjukkan penurunan rata-rata 10 poin pada tekanan darah sistolik dan rata-rata 4 poin pada tekanan darah diastolik.

menurunkan-tekanan-darah-tinggi-dengan-konsumsi-tomat

Kemampuan tomat dalam menurunkan tekanan darah tinggi ini berkaitan dengan kandungan nutrisi yang tinggi dalam tomat. Tomat mengandung 0 gr kalori dan itu berarti sayur ini sangat baik untuk menjalani diet hipertensi.

Tomat juga telah lama dikenal sebagai sumber vitamin B3 yang telah digunakan sebagai penurun kolesterol yang sangat aman untuk dikonsumsi. Disamping itu, ahli nutrisi terkemuka juga mengakui bahwa tomat merupakan sumber antioksidan likopen yang menetralkan radikal bebas, sehingga Anda terlindung dari berbagai jenis kanker dan berbagai jenis penyakit berat.

Di sisi lain, tomat juga kaya akan kadnungan potasium yang baik bagi penderita tekanan darah tinggi yang berpotensi menyebabkan berbagai penyakit jantung. Kandungan vitamin B6 dan folatnya juga diperlukan oleh tubuh untuk bisa merubah bahan kimia yang berpotensi membahayakan, yaitu hemosistin. Terkait dengan tekanan darah tinggim hemosistin ini dapat merusak dinding pembuluh darah dan dikaitkan dengankenaikan risiko penyakit jantung dan stroke.

Sebelum mengonsumsinya, pilihlah tomat yang berwarna lebih merah agar bisa mendapatkan nutrisi yang maksimal. Selain itu, agar tekanan darah tinggi dapat diatasi secara optimal, mengkombinasikan tomat dan brokoli atau bayam sangat disarankan. Buah tomat juga termasuk larut dalam lemak, maka penggunaan minyak zaitu juga sangat disarankan untuk membantu penyerapan nutrisi yang terkandung dalam tomat.

Itulah tips menurunkan tekanan darah tinggi dengan konsumsi tomat. Semoga informasi tersebut bermanfaat dan bisa membantu menjadi referensi dan rekomendasi terbaik untuk Anda dan keluarga. Semoga lekas sembuh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *