Mewaspadai Kondisi Morning Surge Pada Hipertensi dan Bahayanya

Mewaspadai Kondisi Morning Surge Pada Hipertensi dan Bahayanya,- Apakah Anda pernah mengalami tekanan darah melonjak ketika diukur di pagir hari? Kondisi ini biasa disebut dengan morning surge. Kondisi ini merupakan salah satu masalah kesehatan yang rentan menyerang penderita hipertensi. Morning surge ditandai dengan melonjaknya tekanan darah di pagi hari.

Morning surge ini harus menjadi alarm bagi penderita hipertensi, terutama yang sudah berusia lanjut. Pasalnya, kondisi ini menjadi penyebab utama terjadinya stroke atau serangan jantung mendadak di pagi hari.

Morning Surge

Walaupun penderita hipertensi memiliki tekanan darah yang normal di siang atau malam hari, namum mereka tetap rentan terkena morning surge. Sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 2003 silam membuktikan bahwa dalam beberapa kasus, perbedaan tekanan darah saat pagi hari dan malam hari bisa mencapai 55 mmHg. Hal inilah yang bisa meningkatkan risiko terkena penyakit berbahaya.

Penelitian ini juga menunjukkan bahwa morning surge cenderung lebih sering menyerang orang Asia dibandingkan dengan orang Eropa. Oleh karena itu, penderita hipertensi sangat disarankan untuk mengukur tekanan darahnya secara rutin dan memiliki alat pengukur tekanan darah sendiri di rumah agar selalu mengontrol kondisi kesehatannya.

Dilansir dari NCBI, dari penelitian sebelumnya diketahui bahwa karakteristik tekanan darah di pagi hari dihubungkan dengan meningkatnya cedera organ. Termasuk dalam faktor risiko ini adalah mereka yang berusia tua, orang yang mengonsumsi alkohol dan atau rokok, waktu tidur yang lebih lama dan bangun terlambat serta cuaca dingin.

Selain cedera organ dalam tubuh, timbulnya hormon kortisol, hormon yang membuat kita terbangun dan waspada di pagi hari juga ikut mempengaruhi kondisi tekanan darah. Hormon ini dikenal secara luas sebagai hormone stress karena diproduksi lebih banyak ketika tubuh mengalami stres, baik fisik ataupun emosional.

Mengingat adanya kemungkinan hal ini bisa menyebabkan penyakit berbahaya, maka penderita hipertensi yang sudah mengalami morning surge sebaiknya segera memeriksakan kondisi ini ke dokter demi mendapat penanganan serta obat hipertensi yang tepat.

Pastikan untuk selalu mengonsumsi obat hipertensi yang telah diresepkan decara rutin untuk menjaga tekanan darah tetap normal dan tidak mengalami lonjakan yang berlebih. Tidak hanya itu, penderita hipertensi juga harus benar-benar memperhatikan kesehatannya dengan menjaga pola makan, pola hidup dan melakukan pengukuran tekanan darah secara teratur di rumah.

Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.