Minuman Penurun Tekanan Darah Tinggi yang Jarang Diketahui

Minuman Penurun Tekanan Darah Tinggi yang Jarang Diketahui,- Hipertensi atau tekanan darah tinggi merupakan kondisi peningkatkan tekanan darah di arteri. Tekanan darah tinggi merupakan salah satu penyakit yang banyak dialami oleh masyarakat dan merupakan salah satu faktor risiko penyakit jantung, mulai dari aritmia jantung, jantung bocor, hingga serangan jantung.

Kolesterol merupakan salah satu penyumbang terbesar pada kasus penyakit darah tinggi. Maka dari itu, sebaiknya hindari mengonsumsi makanan yang mengandung kolesterol tinggi secara berlebihan.

Biasanya penderita hipertensi harus mengonsumsi obat hipertensi yang telah diresepkan dokter secara teratur untuk membantu menurunkan dan mengontrol tekanan darah. Namun, selain itu, ternyata juga ada beberapa jenis minuman yang diyakini dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi secara efektif.

Berikut ini merupakan beberapa jenis minuman penurun tekanan darah tinggi yang jarang diketahui, diantaranya :

  • Jus buah pir

Buah pir memang memiliki rasa yang nikmat dan menyegarkan, maka tak herna jika buah ini selalu laku di pasaran. Dibalik rasanya yang nikmat dan menyegarkan, ternyata buah pir ini memiliki khasiat yang baik untuk tubuh, yaitu sebagai penurun tekanan darah. Konsumsilah jus buah pir secara rutin agar tekanan darah kembali normal.

  • Jus buah pisang

Selain pir, pisang juga diketahui dapat menurunkan tekanan darah. Hal ini dikarenakan didalam buah pisang ini terkandung 1% kalsium, 12% kalium, dan 8% magnesium, dan selain untuk menurunkan tekanan darah, pisang juga bermanfaat untuk menambah energi tubuh.

  • Jus buah kiwi

Buah kiwi sebenarnya dikenal karnea kandungan antioksidannya yang tinggi, sehingga mampu menangkal radikal bebas dan menyehatkan kulit serta mencegah penuaan. Selain itu, buah yang memiliki rasa sedikit masam ini juga memiliki manfaat untuk menurunkan tekanan darah.

  • Jus buah bit

Sebuah penelitian menyebutkan bahwa buah bit dapat menurunkan tekanan darah tinggi jika dikonsumsi secara rutin. Penelitian dari Queen Mary University of London, menjelaskan bahwa kandungan nitrat pada buah bit mampu meningkatkan kadar gas nitrat oksida dalam sirkulasi darah sehingga mampu menjaga kesehatan jantung.

  • Jus buah mengkudu

Buah mengkudu atau dikenal juga dengan nama cangkudu dikenal memiliki rasa yang aneh. Namun, dibalik itu, buah mengkudu ini menyimpan banyak khasiat bagi tubuh, salah satunya untuk mengeluarkan racun, melancarkan peredaran darah, dan menurunkan tekanan darah.

 

Artikel terkait :

Terapi Jus untuk Hipertensi
Minuman Alami untuk Turunkan Tekanan Darah Tinggi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *