Mitos dan Fakta Tekanan Darah Tinggi

Banyak informasi yang belum diketahui secara pasti kebenarannya, sehingga menimbulkan banyak pendapat dankesalahpahamam yang berkembang dimasyarakat. terlebih lagi informasi yang bersangkutan dengan masalah penyakit yang masih jarang diketahui oleh masyarakat.

mitos dan fakta tekanan darah tinggi

Termasuk salah satunya adalah informasi mengenai penyakit yang banyak di derita oleh masyarakat, yaitu tekanan darah tinggi. Berikut beberapa mitos dan fakta penyakit tekanan darah tinggi :

Mitos : Hipertensi Bisa disembuhkan
Fakta : Hipertensi tidak bisa disembuhkan. Namun yang bisa dilakukan adalah mengontrol tekanan darah tersebut agar tetap dalam batasan normal. Dengan begitu, kita dapat mencegah komplikasi dan kerusakan organ lainnya.

Mitos : Tekanan darah naik dapat diketahui jika tengkuk terasa pegal dan kepala pusing.
Fakta : hipertensi tidak memiliki gejala yang khas. Keluhan seperti itu bisa terjadi karena penyakit lainnya. Untuk hal itu, tekanan darah harus diukur.

Mitos : Jika tidak ada keluhan, tekanan darah tinggi tidak perlu diobati. Obat-obatan (kimia) dari dokter akan merusak ginjal.
Fakta : Jika tidak di obati, justru hipertensi akan merupakn organ sasaran, seperti ginjal, jantung, otak, dan pembuluh darah.

Mitos : Pengobatan bisa dihentikan begitu tekanan darh sudah normal.
Fakta : Pemantauan ketat perlu dilakukan pada penderita tekanan darah tinggi. Jika tekanan darah sudah mencapai normal, biasanya dokter akan menurunkan dosis obat darah tinggi yang diperlukan. Jika sudah mencapai dosis minimal untuk kurun waktu tertentu, baru dokter akan mulai mencoba pengontrolan tekanan darah melalui perubahan gaya hidup. Namun, semua hal ini tergantung pada faktor resiko dan penyakit penyerta. Pemeriksaan tekanan darah secara berkala tetap perlu dilakukan.

Mitos : Hipertensi tidak perlu pengobatan jangka panjang
Fakta : Pengobatan jangka panjang perlu dilakukan untuk mengontrol tekanan darah.

Selain itu, masih banyak mitos dan fakta tentang penyakit hipertensi yang beredar di masyarakat. Sebaiknya kita tidak dengan mudah menerima informasi yang belum tentu kepastiannya. Sebaiknya selalu konsultasikan dengan dokter Anda untuk mengontrol penyakit tekanan darah tinggi Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *