Pengobatan Hipertensi Dengan Daun Salam

daun-salamobathipertensi.info,- Selama ini kita sering menggunakan  daun salam sebagai bahan pelengkap  suatu masakan. Namun siapa yang  menyangka, ternyata salam juga  memiliki khasiat yang baik untuk  digunakan untuk terapi kesehatan, salah  satunya untuk mengatasi hipertensi.

Kandungan senyawa aktif dalam daun  salam yang baik untuk kesehatan yaitu  minyak asiri yang mengandung sitral,  seskuiterpen , lakton, eugenol, dan fenol.  Selain itu, senyawa lain yang terkandung  didalamnya adalah saponin, triterpen,  flavonoid, tanin, polifenol, dan alkaloid.

Daun Salam Untuk Mengatasi Hipertensi

Seperti yan telah disebutkan diatas, daun  salam memiliki khasiat untuk mengatasi  hipertensi. Didalam daun salam  mengandung minyak asiri (sitral,  eugenol), tanin dan flavonoid. Flavonoid  dalam daun salam berfungsi sebagai  antioksidan yang mampu mencegah  terjadinya oksidasi sel tubuh. Semakin  tinggi oksidasi sel dalam tubuh, maka  semakin tinggi resiko untuk mengidap  penyakit degeneratif. Kandungan  flavonoid dalam daun salam dapat  membantu dalam mencegah terjadinya   tekanan darah tinggi, menurunkan  kadar kolesterol dalam tubuh,  menurunkan kadar gula darah, dan  menurunkan kadar asam urat.

Pengobatan hiperteni dengan daun  salam sendiri, meskipun masih sebatas  uji pre klinis yang dilakukan pada seekor  tikus dengan hipertensi. Namun, hasil  yang terlihat nyata dimana apabila  digunakan secara rutin daun salam  dapat menurunkan tekanan darah  hingga mencapai tekanan  darah normal  kembali. Namun, jika mengonsumsi  daun salam secara tunggal dapat  menimbulkan efek samping, salah  satunya yaitu konstipasi. Dimana ketka  mengonsumsi daun salam ditemukan  feses yang lebih sedikit karena ekstrak  daun salam dapat menurunkan rasio  transit pada pencernaan yang membuat  buang air besar menjadi sulit. Maka dari  itu disarankan untuk mengombinasikan  daun salam salah satunya dengan daun  cincau. Menurut hasil penelitian,  kombinasi kedua bahan tersebut sangan  cocok dan dapat meningkatkan jumlah  feses.

Bagian dari tanaman daun salam yang  dapat digunakan adalah kulit batang,  akar, daun dan buah. Namun, bagian  yang sering digunakan baik untuk  melengkapi bumbu masakan maupun  untuk terapi pengobatan adalah bagian  daun.

Cara Konsumsi Daun Salam Untuk  Mengatasi Hipertensi
  • Siapkan 7-10 lembar daun salam yang  telah dicuci bersih dan 3 gelas air.
  • Rebus air dan daun salam tersebut  sampai air tersisa 1 gelas.
  • Kemudian dinginkan dan saring air  rebusan tersebut.
  • Minumlah ramuan tersebut 2 kali sehari  (pagi dan sore) masing-masing sebanyak  100 ml.

Dalam beberapa penelitian yang telah  dilakukan untuk mengetahui khasiat  daun salam, ternyata daun salam bukan  hanya berkhasiat untuk mengatasi  hipertensi, namun juga berkhasiat untuk  mengatasi diare karena kandungan  tannin yang tinggi didalam daun salam.  Bahkan dalam penelitian yang dilakukan  oleh dosen farmasi ITB, menyebutkan  bahwa daun salam juga berkhasiat  untuk menyatasi penyekit diabetes  mellitus dan asam urat.

Semoga informasi pengobatan hipertensi  dengan daun salam diatas dapat  bermanfaat dan juga dapat membantu  kita dalam mengatasi berbagai masalah  kesehatan, salah satunya hipertensi.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *