Pengobatan Tradisional Hipertensi Dengan Mentimun

mentimunMentimun merupakan tanaman merambat yang memiliki sulur dahan berbetuk spiral. Daunnya bertangkai panjang, bentuknya lebar bertaju dengan pangkal berbentuk jantung, ujungnya runcing dan tepi bergigi, dan buahnya berbentuk bulat panjang berwarna hijau berlilin putih.  Di masyarakat mentimun biasanya digunakna sebagai salah satu bahan masakan atau dijadikan sebagai lalapan, makanan diet ataupun digunakan sebagai masker kecantikan. Mentimun banyak ditemukan diberbagai daerah di Indonesia dengan harga yang relatif murah.

Selain dapat digunakan sebagai bahan kecantikan dan bahan makanan, ternyata mentimun juga memiliki manfaat lain yang baik untuk kesehatan, salah satunya adalah untuk mengatasi hipertensi. Kandungan yang terdapat didalam mentimun diantaranya zat-zat saponin (mengeluarkan lendir), protein, lemak, kalsium, fospor, besi belerang,vitamin A, B1, dan C. Selain itu, biji mentimun juga mengandung banyak vitamin E untuk menghambat penuaan dan menghilangkan keriput. Daging mentimun juga banyak mengandung air, vitamin C dan asam kafeat untuk meredakan iritasi kulit dan mengurangi penumpukan cairan dibawah kulit.

Manfaat Mentimun Untuk Menurunkan Hipertensi

Terdapat sebuah penelitian yang menunjukkan bahwa bahwa mentimun yang mengandung tinggi kalium, magnesium dan serat dapat mengurangi tekanan darah. Dengan dikombinasikan dengan diet sehat, mentimun dapat menurunkan tekanan darah sistolik sebesar 5 poin, serta tekanan darah diastolik sebesar 3,5 poin. Selain kandungan diatas, mentimun juga merupakan sumber vitamin A dan K, folat, asam caffeic, san silika. Selain itu juga mengandung vitamin C, yaitu antioksidan kuat yang juga dapat membantu untuk menurunkan tekanan darah.

Berikut beberapa manfaat mentimun untuk mengatasi hipertensi :

Rendah Sodium

Asupan sodium yang berlebih dapat menyebabkan tekanan darah tinggi, serta sangat sulit untuk diturunkan kembali. Mentimun mengandung sodium yang rendah, sehingga tepat digunakan untuk mengatasi hipertensi.

Mengandung Kalium

Mentimun mengandung sekitar 442 mg kalium. Kalium merupakan mineral yang sangat penting untuk mengontrol tekanan darah. Selain mentimun, terdapat juga beberapa jenis sayur, buah, kacang-kacangan, yoghurt dan ikan yang juga merupakan sumber kalium yang baik.

Kontrol Berat Badan

Kegemukan atau berat badan berlebih merupakan termasuk kedalam salah satu faktor penyebab dari hipertensi. Mentimun sangat baik untuk membantu dalam menurunkan berat badan. Jika berat badan menjadi normal, maka kemungkinan besar tekanan darah tinggi juga akan menurun. Mentimun dengan kulit seberat 301 g atau hampir 11 ons hanya mengandung 45 kalori, sehingga tidak menimbulkan berat badan menjadi naik. 95% lebih dari berat mentimun adalam air, sehingga mentimun merupakan nutrisi bebas kalori yang dapat menekan nafsu makan secara alami.

Terdapat beberapa cara yang dapat dilakukan untu mengolah mentimun sebagai ramuan penurun tekanan darah tinggi, yaitu :

jus-timun-penuh-khasiatJus Mentimun
Siapkan beberapa buah mentimun segar, cuci bersih, kemudian blender. Anda dapat mengkombinasikan jus mentimun dengan beberapa jenis buah atua sayur, seperti seledri atau wortel.

Air Perasan Mentimun
Ambil dua buah mentimun, cuci bersih dan parut mentimun tersebut. Kemudian peras hasil dari parutan tersebut. Ramuan tersebut dapat diminum 2-3 kali sehari.

Catatan :
Jika tekanan darah sudah kembali normal, hentikan konsumsi ramuan mentimun tersebut. Jika Anda meneruskan konsumsi mentimun tanpa mengontrol hasilnya, makan dapat beresiko mendapatkan efek yang sebaliknya atau dapat mengalami tekanan darah rendah. Selama pengobatan hipertensi Anda disarankan untuk selalu mengontrol tekanan darah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.