Penyebab Tekanan Darah Tinggi Pada Usia Remaja

hipertensi pada remajaobathipertensi.info,- Penyakit tekanan  darah tinggi (hipertensi) sudah cukup lama  dikenal dan banyak menyerang hanya pada  usia tua saja. Wajar saja, karena pada usia  lanjut hipertensi dapat disebabkan oleh  menurunnya fungsi pembuluh darah yang  sudah berkurang keelastisannya, juga dapat  dipengaruhi oleh tingginya asupan garam.

Tidak hanya pada orang dewasa dan lanjut  usia saja, ternyata anak dan remaja juga  dapat terserang hipertensi. Pada usia 13-18  tahun hipertensi biasanya tidak  menimbulkan gejala apapun dan biasanya  diketahui ketika mereka melakukan  pemeriksaan kesehatan.

Penyebab Tekanan Darah Tinggi Pada  Remaja

Pada umumnya diyakini bahwa stress  akademik yang menjadi penyebab utama  dari tekanan darah tinggi pada remaja.  Namun, terdapat beberapa hal yang  menjadi penyebab lainnya, yaitu :

Berat Badan Berlebih (Obesitas)

Ternyata 50% remaja yang mengalami  hipertensi memiliki berat badan yang  berlebih (obesitas). Obesitas dapat  menyebabkan timbulnya resistensi insulin  atau tidak mampunya insulin untuk  membantu gula darah masuk ke dalam sel  tubuh. Hal ini dapat menyebabkan  timbulnya gangguan beberapa fungsi  tubuh, salah satunya gangguan pembuluh  darah.

Pada remaja obesitas dengan tekanan darah  tinggi akan dilakukan perubahan pola  hidup terlebih dahulu, seperti usaha  penurunan berat badan, pengurangan  asupan garam, dan peningkatan aktivitas  fisik ternyata telah terbukti mampu  membantu menurunkan tekanan darah.  Jika tekanan darah tidak kunjung turun  atau semakin meningkat, maka obat anti  hipertensi dapat diberikan. Untuk remaja  hipertensi non-obesitas obat antihipertensi  dapat langsung diberikan.

Stress

hipertensi pada remaja-stressStres psikogenik yang dialami oleh para  remaja ternyata juga dapat menyebabkan  timbulnya hipertensi karena perubahan  hormon-hormon dalam tubuh saat sedang  stress. Stress juga berpotensi mengancam  pada aspek kesehatan lain, seperti kondisi  lemak darah yang ada. Kadar kolesterol  yang tidak wajar dan kondisi tekanan darah  tinggi merupakan kombinasi yang  berbahaya bagi kesehatan tubuh. Bahkan  tidak menutup kemungkinan dapat  berlanjut ke stroke dan kematian.

Riwayat Keluarga

Gemetik merupakan salah satu faktor  penyebab hipertensi pada remaja. Remaja  yang memilikiriwayat tekanan darah tinggi  pada keluarganya lebih berpotensi  mengalami hipertensi. Selain itu juga  riwayat kebiasaan keluarga juga berperan.  Dimana apabila anak dibiasakan pola asuh  dan pola hidup yang tidak aktif,  dikhawatirkan si anak beresiko memiliki  tekanan darah tinggi.

Pola Hidup

Pola hidup yang tidak sehat seperti asupan  garam yang berlebih, konsumsi alkohol,  dan kebiasaan merokok juga, pola tidur yang kurang baik juga dapat  menyebabkan timbulnya hipertensi pada  remaja.

Penyakit hipertensi pada usia remaja dapat  memengaruhi timbulnya hipertensi pada  usia yang lebih tua. Oleh sebab itu,  penanganan hipertensi pada usia reamaja  sangat penting untuk dilakukan.  Pencegahan hipertensi pada remaja dapat  dilakukan dengan menjaga berat badan  yang sesuai, mengikuti diet sehat, serta  berolahraga secara teratur. Selain itu,  menerapkan pola hidup yang sehat juga  sangat penting untuk menentukan kualitas  hidup yang lebih baik.

Sekian informasi tentang penyebab tekanan  darah tinggi pada usia remaja. Semoga  bermanfaat dan dapat membantu Anda  dalam mencagah dan mengatasi berbagai faktor  penyebab hipertensi , khususnya pada anak  Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *