Pilihan Olahraga yang Tepat untuk Penderita Hipertensi

Pilihan Olahraga yang Tepat untuk Penderita Hipertensi,- Melakukan aktivitas fisik secara rutin memang sangat disarankan untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh, bahkan bagi penderita hipertensi. Selain melakukan pemeriksaan dan mengonsumsi obat hipertensi secara rutin, melakukan olahraga juga dapat membantu meminimalisir hipertensi.

Selain itu, berolahraga juga dapat membantu mengurangi stress yang menjadi pemicu naiknya tekanan darah. Namun, walaupun begitu, penderita hipertensi tidak boleh melakukan olahraga secara sembarangan. Karena beberapa jenis olahraga tertentu malah dapat memperburuk kondisi Anda.

Dikutip dalam Buku 49 Kiat Santai Menstabilkan Tekanan Darah karya Dokter Spesialis Hipertensi, dr Yoshihiko Watanabe, ada olahraga yang mungkin sama sekali tidak membuat Anda stres. Bahkan Anda tidak perlu pergi ke gym untuk melakukannya.

Turun tangga merupakan pilihan olahraga yang tepat untuk penderita hipertensi untuk menghindari stres. Dengan melakukan aktivitas tersebut, setidaknya tubuh bergerak, meskipun jaraknya pendek bahkan bisa dikatakan hanya turun beberapa anak tangga. Meninggalkan kebiasaan menggunakan lift dan lebih memilih menggunakan tangga merupakan pilihan yang tepat.

Apakah hanya turun tangga ? Dr Watanabe mengatakan bahwa orang sesehat apapun orang, mereka akan merasakan suatu beban mental jika harus naik tangga. Sedangkan turun tangga tidak menimbulkan efek demikian.

Selain menuruni tangga, beberapa pilihan olahraga yang tepat untuk penderita hipertensi lainnya diantaranya termasuk jalan cepat, jogging, berenang, bersepeda, atau yang lainnya. Anda bisa melakukan aktvitas apapun yang Anda suka. Selama Anda bergerak dan membuat jantung baerdetak sedikit lebih cepat, atau membuat Anda bekerja lebih untuk bernapas, maka ini bisa membantu.

Namun, perlu diketahui, penderita hipertensi sebaiknya menjauhi latihan daya tahan tubuh dan kekuatan, serta dianjurkan untuk melakukan jenis olahraga aerobik.Selain jenis olahraga, durasinya pun tidak boleh sembarangan.

Semakin lama olahraga yang dilakukan belum tentu menjamin Anda akan semakin sehat. Berolahragalah minimal 30 menit sehari. Jika sudah terbiasa, maka Anda bisa menambah waktu olahraga Anda menjadi 45 menit. Lakukan 4 kali dalam seminggu, dan jika Anda sudah terbiasa dilakukan setiap hari akan lebih baik.

Terdapat beberapa cara yang perlu diketahui untuk mendukung agar Anda tetap berolahraga, diantaranya :

  • Buatlah olahraga menjadi kegiatan yang menyenangkan. Kemungkinan Anda lebih tinggi untuk tetap berolahra jika Anda bersenang-senang.
  • Jadwalkan olahraga ke dalam rutinitas harian Anda. Rencanakan kapan Anda akan berolahraga dan tandai dalam jadwal Anda.
  • Carilah teman untuk berolahraga. Ini akan membuat Anda tetap termotivasi dan lebih menikmatinya.

Semoga membantu.

Baca Juga :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *