Sejak Dalam Kandungan Risiko Hipertensi Sudah Ditentukan

Hipertensi atau tekanan darah tinggi merupakan suatu kondisi dimana tekanan darah meningkat dan melebihi batas normal. Penyakit ini dikenal sebagai penyakit yang mengintai orang dewasa yang berusia 40 tahun ke atas. Gaya hidup diyakini sebagai salah satu penyebab utamanya.

sejak-dalam-kandungan-risiko-hipertensi-sudah-ditentukan

Tapi, tidak banyak yang tahu jika risiko seseorang mengidap hipertensi saat dewasa sebenarnya sudah ditentukan sejak berada dalam kandungan. Menurut dokter spesiali gizi klinik FKUI-RSCM, Fiastuti Witjaksono, asupan yang dikonsumsi oleh ibu hamil dapat mempengaruhi status kesehatan anaknya saat dewasa.

“Jadi kalau sekarang banyak yang kena hipertensi, mungkin bibitnya sudah dimulai sejak dirinya berada dalam kandungan. Bisa jadi saat mengandung, sang ibu kekurangan asupan protein sehingga membuat anak rentan mengalami masalah tekanan darah tinggi saat dewasa,” kata Fiastuti pada temu media perayaan ‘150 Tahun NestlĂ©’ di Mall Kota Kasablanka, Sabtu (12/11/2016).

Maka dari itu, ia mengingatkan bahwa asupan gizi yang diterima anak pada 1000 hari pertama kehidupan sangat mempengaruhi status kesehatannya hingga dewasa. Ia juga menambahkan bahwa ibu hamil juga harus memenuhi asupan gizi yang optimal, karena makanan yang dikonsumsinya tidak hanya bermanfaat bagi dirinya saja, tetapi juga bagi generasinya ke depan.

Para ahli percaya bahwa timbulnya penyakit di masa yang akan datang berawal dari masa janin atau disebut fetal programming. Sehingga ibu hamil harus menyesuaikan kebutuhan nutrisinya seperti memperbanyak asupan kalori sebanyak 300 kkal sehari, protein juga harus lebih banyak 15 gram ditambah asupan zat besi, kalsium, dan asam folat untuk pembentukan janin yang optimal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *