Sifat Pemarah Ternyata Bisa Memicu Tekanan Darah Tinggi

Memiliki sifat pemarah merupakan hal yang tidak baik. Selain dapat mengganggu emosional, sifat pemarah juga bisa menimbulkan dampak negatif bagi kesehatan. Salah satu dampak yang bisa dirasakan akibat sifat pemarah adalah tekanan darah tinggi atau hipertensi.

Hipertensi merupakan salah satu kondisi kesehatan yang menunjukkan tingginya angka tekanan darah. Tekanan darah tinggi merupakan salah satu faktor risiko dari penyakit berbahaya, seperti penyakit jantung dan stroke.

Lalu, mengapa sifat pemarah bisa memicu tekanan darah tinggi ?

Dr. Arieska Ann Soenarta, SpJP (K), menjelaskan, ketika marah-marah terjadi peningkatan hormon adrenalin dalam tubuh. Adrenalin tersebut menyebabkan pembuluh darah mengecil. Akibatnya, tekanan darah menjadi meningkat. Seperti halnya tabung jika dikecilkan, maka tekanan akan meningkat.

Marah-marah, termasuk kondisi stres juga dapat membuat jantung berdetak lebih cepat. Ann menyebutkan, jika hipertensi terus tidak terkontrol, maka bisa meningkatkanr isiko penyakit jantung hingga stroke.

Maka dari itu, orang yang memiliki tekanan darhah tinggi tidak hanya perlu minum obat darah tinggi atau menjaga pola makan sehat untuk mengontrol tekanan darahnya, tetapi mereka juga harus mengontrol emosinya.

Cobalah untuk merilekskan diri sejenak agar lebih tenang, sehingga dapat menurunkan hormon-hormon yang mempersempit pembuluh darah. Rileksasi dapat dilakukan dengan cara menarik napas dalam-dalam ataupun meditasi.

Namun, sayangnya masih banyak orang yang tidak sadar memiliki tekanan darah tinggi, sehingga tekanan darahnya jarang terkontrol. Padahal, di Indonesia sendiri, jumlah penderita hipertensi cukup tinggi. Berdasarkan Riset Kesehatan Dasar 2013, di Indonesia terdapat 25.8% pasien hipertensi.

Maka dari itu, sangat disarankan untuk mengecek tekanan darah secara rutin mulai usia di atas 30 tahun. Terlebih lagi jika memiliki riwayat keluarga dengan tekanan darah tinggi.

Baca Juga :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *