Tekanan Darah Tinggi Akibat Kurang Tidur

tekanan darah tinggi akibat kurang tidurAda banyak hal yang dapat muncul ketika kurang tidur, mulai dari mudah lelah sampai resiko penyakit. Bahkan ada yang meyakini bahwa kurang tidur juga dapat menyebabakan tekanan darah tinggi. Dr. Sheps menyebutkan bahwa orang-orang yang tidur selama 5 jam atau kurang kemungkinan memiliki resiko lebih tinggi terkena tekanan darah tinggi atau memburuknya kondisi hipertensi yang telah dimilikinya.

Sejumlah penelitian mengaitkan kualitas tidur yang buruk terhadap peningkatan resiko tekanan darah tiggi, diabetes, dan penyakit jantung. Banyak dair peneitian tersebut di fokuskan pada orang-orang dengan gangguan pernapasan sleep apnea (henti napas ketika tidur). Tapi, beberapa bukti menunjukkan kehilangan waktu tidur tanpa adanya gangguan yang jelas juga dapat merugikan kesehatan.

Para ahli berspekulasi bahwa kehilangan waktu tidur dapat berkontribusi terhadap tekaann darah tinggi. Hal ini karena kekurangan waktu tidur membuat sistem syaraf berada dalam keadaan hiperaktif yang kemudian dapat memengaruhi sistem seluruh ubuh, termasuk jantung dan pembuluh darah.

Tidak hanya itu, memiliki waktu tidur yang kurang juga bisa membuat energi seseorang menjadi menurun, penumpukan lemak di tubuh, depresi, dan juga mengganggu suasana hati sehingga lebih mudah marah yang tentu saja dapat berakibat pada peningkatan tekanan darah.

Maka dari itu, waktu ytidur yang cukup memang sangat penting dalam menjaga tekanan darah, karena tidur dapat membantu darah mengatur hormon stress, membuat sistem saraf tetap sehat, serta dapat memperlambat denyut jantung. Untuk itu, tidur selama 7-8 jam dalam semalam ikut andil dalam pengobatan dan pencegahan tekanan darah tinggi. Jika memang sudah memiliki tekanan darah tinggi, maka sebaiknya konsultasian dengan dokter untuk mendapatkan tips agar dapat waktu tidur yang baik dan cukup.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *