Ternyata Dengarkan Musik Bisa Bantu Atasi Hipertensi

Ternyata Dengarkan Musik Bisa Bantu Atasi Hipertensi,- Siapa yang tidak suka mendengarkan musik ? Hampir setiap orang pasti suka mendengarkan musik. Kita biasanya mendengarkan musik sambil beristirahat, membaca buku, bekerja, bahkan menemani saat Anda sedang melakukan istirahat. Perkembangan teknologi saat ini bisa membuat Anda lebih leluasa untuk mendengarkan musik di manapun dan kapanpun.

Mendengarkan musik favorit bisa menjadi penyelamat mood buruk saat Anda merasa bad mood. Selain menyenangkan, sudah banyak yang tahu jika mendengarkan musik juga bisa membantu menghilangkan stres.

Selain itu, menurut sebuah studi kesehatan menyebutkan bahwa mendengarkan musik juga bisa membantu mengurangi hipertensi. Bahkan, salah satu penelitian di Jepang menunjukkan bahwa mendengarkan musik setelah 3 bulan, dengan frekuensi 1 jam setiap harinya akan menurunkan tekanan darah.

Jenis musik tertentu diduga memiliki kemampuan untuk mengatur dan memengaruhi tekanan darah sistolik dan diastolik. Dengan cara ini, musik bisa membantu mencegah masalah seperti hipertensi, penyakit kardiovaskulas, dan serangan jantung.

Irama lambat dan musik yang harmonis dapat meningkatkan vasodilataso (pelebaran pembuluh darah) sebesar 26%. Hal ini juga yang membantu mencegah gagal jantung, terutama ketika seseorang mengalami perubahan suasana hati yang tidak terduga, kemarahan, atau penyebab emosional lainnya.

Namun, tidak semua jenis musik memiliki pengaruh yang sama pada manusia. Untuk terapi ini, pilihlah jenis musik dengan tempo rendah, karena tempo tinggi justru akan meningkatkan tekanan darah. Setelah 3 bulan, seseorang yang rutin mendengarkan musik tekanan darahnya menurun secara signifikan, hampir 6 mmHg.

Dari banyak percobaan yang telah dilakukan oleh para ahli kesehatan, musik klasik terbukti bisa menenangkan. Karya klasik seperti ‘Serenata No 13 in G Major’ oleh Mozart dan ‘The Four Seasons’ oleh Vivaldi telah mengalami tes ilmiah dan hasilnya sangat mencengangkan.

Penelitian ini menunjukkan bahwa musik mungkin bisa menjadi cara yang baik untuk membantu menurunkan tekanan darah. Percaya atu tidak, para peneliti percaya bahwa musik bisa menggantikan pengobatan hipertensi medis, setidaknya untuk beberapa pasien.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.