Ternyata Rajin Sauna Bisa Bantu Kurangi Risiko Darah Tinggi

Ternyata Rajin Sauna Bisa Bantu Kurangi Risiko Darah Tinggi,- Tekanan darah tinggi bisa menyerang pada siapapun dan kapanpun. Menjalani gaya hidup tidak sehat bisa menjadi salah satu faktor yang dapat meningkatkan risiko tekanan darah tinggi atau hipertensi. Namun, apakah Anda tahu bahwa risiko tekanan darah tinggi ini bisa dikurangi.

Ada baerbagai cara yang bisa dilakukan untuk mengurangi risiko tekanan darah tinggi, salah satunya yaitu dengan rajin sauna. Sebuah penelitian menyebutkan bahwa rutin sauna sama baiknya dengan pengurangan jumlah garam dalam tubuh untuk mengurangi risiko hipertensi.

Menurut penelitian yang dipublikasikan di American Journal of Hypertension, para pria yang rajin sauna setidaknya 4 kali dalam seminggu, 20% memiliki risiko mengalami hipertensi yang lebih rendah.

Menurunkan risiko hipertensi berarti Anda juga menurunaknr isiko stroke dan serangan jantung. Manfaat yang sama juga bisa didapatkan dengan memperbaiki pola makan, terutama menghindari asupan garam berlebih. Jangan lupa juga untuk tetap berolahraga secara teratur yang sesuai dengan kemampuan tubuh.

Dalam penelitian tersebut juga disebutkan bahwa terdapat beberapa mekanisme yang membuat sauna bermanfaat baik untuk kestabilan tekanan darah. Salah satunya yaitu, bahwa dengan sauna suhu tubuh akan meningkat sebesar 2 derajat celcius. Dengan begitu, maka pelebaran pembuluh darah dapat terjadi, sehingga tidak ada penyumbatan darah.

Mekanisme lain yang membuat sauna baik untuk tekanan darah adalah terjadinya peningkatan fungsi endothelial. Artinya, sauna berpengaruh pada lapisan pembuluh darah yang pada akhirnya mengurangi tekanan darah.

Maka dari itu, tidak ada salahnya untuk mulai melakukan sauna secara rutin. Karena selain mampu menurunkan berat badan, seperti yang telah dijelaskan diatas, ternyata rajin sauna bisa bantu kurangi risiko darah tinggi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *