Tips Memasak Sehat yang Baik untuk Penderita Hipertensi

Tips Memasak Sehat yang Baik untuk Penderita Hipertensi,- Menjalankan gaya hidup sehat salah satunya dengan mengatur pola makan merupakan salah satu hal yang harus dilakukan oleh para penderita hipertensi selain dengan mengonsumsi obat hipertensi secara rutin.

Dokter seringkali menyarankan penderita hipertensi untuk mengurangi asupan garam pada menu makanan. Namun, selain itu, penderita hipertensi juga sebaiknya mulai memasak sendiri makanan yang akan dikonsumsi. Saat memasak makanan, gunakanlah minyak zaitun sebagai pengganti minyak goreng yang biasa digunakan.

Minyak zaitun diketahui mengandung anti inflamasi dan dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi. Selain itu, mengonsumsi minyak zaitun juag bsia menghindari timbulnya plak lemak di bagian arteri.

Disamping itu, penggunaan minyak zaitun juga bisa mengurangi peradangan yang dapat membahayakan tubuh. Maka dari itu, tetap gunakan minyak zaitun untuk mengolah makanan Anda.

Agar penderita hipertensi tetap bisa makan enak dengan pelengkap minyak zaitun, Gwendoline Winarno atau yang akrab disapa Gwen memberikan tips memasak sehat untuk penderita hipertensi, yaitu diantaranya :

  • Hindari penggunaan penyedap rasa

Sebagian besar masyarakat Indonesia sering menambahkan penyedap rasa dalam setiap masakan. Nah, mulai saat ini biasakanlah untuk menghilangkan penyedap rasa pada makanan apapun.

Pada dasarnya, banyak bahan makanan yang cenderung memiliki rasa gurih ketika diolah, misalnya penggunaan kaldu ayam, jamur, bawang putih, daun bawang, sayuran hijau, dan bahan lainnya.

  • Ganti garam dengan minyak zaitun

Gwen menyebutkan jika pada dasarnya penderita hipertensi harus mengurangi konsumsi garam. Sebagai gantinya, Anda bisa memanfaatkan minyak zaitun.

  • Tambahkan rempah-rempah

Gwen menambahkan, selain minyak zaitun, Anda juga bisa menambahkan beberapa rempah-rempah untuk menambah cita rasa pada makanan. Terlebih lagi, makanan Asia dan Indonesia cenderung berbumbu dan kaya akan rempah.

Nah, itulah beberapa tips memasak sehat untuk penderita hipertensi dengan menggunakan minyak zitun. Perlu diketahui, minyak zaitun tidak hanya untuk masakan western saja, tetapi juga cocok digunakan untuk olahan makanan khas Indonesia, seperti nasi goreng, sambal matah, tumis ikan dan sayur, dan lainnya. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.