Tips Mengontrol Tekanan Darah Tinggi Pada Masa Kehamilan

Tips Mengontrol Tekanan Darah Tinggi Pada Masa Kehamilan

Ibu hamil yang mengalami tekanan darah tinggi tentu sangat berisiko, baik bagi ibu maupun bagi bayi yang ada didalam kandungan. Maka dari itu, ibu harus bis amengontrol tekanan darah selama kehamilan. Ketika tekanan darah tinggi sudah menunjukkan angka 140/90 mmHg, maka hal ini dapat berisiko menyebabkan berbagai masalah selama kehamilan.

Jika tekanan darah tidak kembali normal dalam 20 minggu masa kehamilan, maka kondisi ini dapat menyebabkan pre-eklampsia atau lebih dikenal dengan toxaemia dan hipertensi kehamilan. Kitapun harus mewaspadainya, karena ini merupakan kondisi serius yang akan berdampak buruk bagi otak dan ginjal bersamaan dan dapat menghancurkan organ lain dalam tubuh.

Tekanan darah tinggi umumnya disebabakn pre-eklampsia yang menunjukkan gejala protein dalam urin, kemerahan abnormal pada tangan, serta sakit kepala yang terus menerus. Hal ini juga dapat memengaruhi pertumbuhan bayi dan berat badan bayi rendah.

Namun, Anda tidak perlu khawatir. Ada beberapa hal yang perlu dilakukan untuk memastikan tekanan darah ibu hamil sehat dan tetap normal selama kehamilan. Berikut ini beberapa langkah untuk mengontrol tekanan darah tinggi selama kehamilan :

  • Batasi Asupan Garam

Mengonsumsi garam yang terlalu banyak saat hamil dapat memperburuk kondisi kehamilan. Maka dari itu, jika ibu hamil menderita tekanan darah tinggi disarankan untuk membatasi konsumsi garam hanya 3 gram setiap harinya.

  • Meningkatkan Omega 3

Asupan lemak omega 3 sangat diperlukan jika Anda sedang berjuang melawan tekanan darah tinggi selama kehamilan. Ada beberapa jenis makanna yang harus dikonsumsi untuk mendapatkan asam lemak omega 3, diantaranya seperti ikan, tahu, sarden, dan sebagainya.

  • Suplemen Alami

Salah satu suplemen terbaik yang dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi selama kehamilan adalah kako. 1 porsi kakao mengandung flavonoid yang membantu merangsang tubuh memproduksi oksida nitrat, dimana akan meningkatkan darah ke otak dan seluruh tubuh, serta mengatur tekanan darah.

Baca Juga : Obat Hipertensi

  • Manfaatkan Herbal

Siapapun pasti tahu bahwa bahan herbal alami dapat bekerja dengan sangat baik untuk mengontrol tekanan darah. Misalnya bawang dapat mengurangi kejang urat di arteri, memodifikasi jantung dan menormalkan detak urat nadi, sekaligus mengurangi tekanan darah tinggi.

Tips Mengontrol Tekanan Darah Tinggi Pada Masa Kehamilan

  • Lakukan Pola Diet Sehat

Jika Anda memiliki pola makan yang sehat, maka janin dalam kandungan juga akan semakin sehat. Asam Alpha-Linolenic dapat didapatkan dari kacang-kacangan, serta sayuran hijau segar, seperti bayam. Dengan memasukkan menu ini ke dalam diet Anda, maka Anda akan mampu mengontrol tekanan darah secara alami tanpa pengobatan medis sedikitpun.

  • Mengonsumsi Banyak Cairan

Biasakan untuk mengonsumsi banyak cairan setiap harinya selama kehamilan. Karena, kebiasaan sehat ini dapat membantu dalam mengurangi tekanan darah tinggi selama kehamilan. Anda juga dapat memilih jus buah dan sayuran untuk memenuhi kebutuhan cairan selama kehamilan.

  • Memiliki Hewan Peliharaan

Memiliki hewan peliharaan dapat mengalihkan pikiran Anda dari hal-hal yang dapat menyebabkan stress. Cara ini adalah yang paling alami untuk mengontrol tekanan darah selama kehamilan.

  • Berjalan Kaki

Berjalan kaki dapat memecahkan banyak masalah kesehatan, terutama tekanan darah tinggi. Ketika Anda berjalan, cobalah untuk bernafas dalam-dalam dan menghembuskan nafas secara perlahan. MEngambil langkah-langkah kecil dan memikirkan hal-hal positif akan membantu mengurangi serta mengendalikan tekanan darah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *