Waspada! Hipertensi Ternyata Bisa Tingkatkan Risiko Alzheimer

Waspada! Hipertensi Ternyata Bisa Tingkatkan Risiko Alzheimer,- Seperti yang telah diketahui, hipertensi atau tekanan darah tinggi merupakan faktor penyebab dari berbagai penyakit, seperti penyakit jantung dan stroke. Namun, selain itu, ternyata penyakit hipertensi juga bisa meningkatkan risiko Alzheimer.

Penyakit Alzheimer merupakan sindrom degeneratif dan progresif yang menyebabkan gangguan berpikir dan menurunnya daya ingat. Penumpukkan plak berupa protein amyloid pada otak, diduga sebagai penyebabnya dan akan memburuk seiring dengan bertambahnya usia.

Mengetahui Hubungan Hipertensi dengan Penyakit Alzheimer

Menurut Alzheimer’s Society, disebutkan jika mereka yang sudah mengalami hipertensi di usia muda cenderyng mengalami risiko lebih besar terkena Alzheimer. Baru-baru ini, Dr. Zoe Arvanitakis dari Rush Alzheimer’s Disease Center menemukan bukti jika hipertensi bisa menjadi salah satu faktor risiko Alzheimer.

Sebelumnya beberapa penelitian juag menarik kesimpulan yang sama, bahwa ada kaitan antara tekanan darah tinggi dengan Alzheimer. Walaupun begitu, hanya ada sedikit penelitian yang mengeksplorasi bagaimana tekanan darah memengaruhi jaringan di otak, khususnya dikalangan orang lanjut usia.

Walaupun terdapat sejumlah penelitian yang menunjukkan bahwa konsumsi obat hipertensi bisa menurunkan risiko penyakit Alzheimer, tetapi hipertensi sendiri bisa meningkatkan risiko penyakit Alzheimer. Daya dari World Alzheimer Report tahun 2014 menyebutkan sejumlah penelitian yang dilakukan pada kelompok orang yang berusia 15 sampai 40 tahun menunjukkan mereka memiliki risiko terkenena demensia vaskular di usia tua.

Demensia vaskular sendiri merupakan penyakit yang disebabkan oleh kerusakan pembuluh darah di otak, akibat sel-sel otak tidak mendapatkan oksigen dan nutrisi yang cukup.

Terdapat beberapa cara tekanan darah tinggi memengaruhi kinerja otak. Pertama, tekanan darah tinggi akan meningkatkan ketegangan dan peningkatan arus darah di pembuluh darah arteri. Lama-kelamaan, dinding arteri menebal, kaku, dan menyempit serta timbul apa yang disebut dengan arterosklerosis.

Kolesterol yang beredar di aliran darah ikut memepercepat penyempitan arteri. Penyempitan arteri juga bisa terjadi di pembuluh darah yang ada di otak, sehingga menyebabkan sel-sel otak kekurangan nutrisi dan oksigen. Hal ini bisa merusak sel-sel otak dan menyebabkan organ tersebut tidak berfungsi dengan baik.

Tidak hanya itu, tekanan darah tinggi juga bisa menjadi faktor risiko nomor satu untuk penyakit stroke. Penyebab utama stroke adalah penyumbatan paad arteri di otak. Penyumbatan tersebut umumnya disebabkan oleh arteri yang mengeras dan menyempit. Penyebab lain dari penyakit stroke adalah pecahnya arteri di otak, itulah yang disebut dengan stroke pendarahan atau stroke hemorhagic. Kedua jenis stroke tersebut bisa mengakibatkan kematian sel otak, yang bisa berkembang menjadi demensia vaskulas di kemudian hari.

Akan tetapi, penyempitan pembuluh darah, terutama yang ada di dalam otak, tidak selalu menyebabkan stroke. Pembuluh darah yang sangat kecil dalam otak bisa tersumbat. Penderita awalnya mungkin tidak akan merasakan gejala apapun. Namun, kondisinya baru akan terdeteksi bertahun-tahun kemudian. Ini juga merupakan faktor utama dari timbulnya demensia vaskular di usia tua.

Karena alasan inilah, maka sebaiknya kita menjaga tekanan darah tetap dalam kondisi normal dengan cara menjaga pola makan tetap sehat, berolahraga secara teratur, tidur yang cukup, dan mengendalikan stres dengan baik.

Beberapa obat hipertensi juga diduga bisa membantu mencegah risiko Alzheimer. Namun, saat ini peneliti masih terus mengembangkan obat hipertensi yang sekaligus bisa mencegah Alzheimer atau pun kemunduran kualitas mental seiring dengan bertambahnya usia.

Jika Anda mengidap hipertensi, alangkah baiknya konsultasikan dengan dokter mengenai langkah pengobatan hipertensi yang bisa dilakukan untuk mengontrol tekanan darah agar tetap normal. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.